Follow Us

Sambil Merinding, Jenderal TNI AL Ini Kisahkan Pengalaman Mengerikan di KRI Nanggala-402: Alhamdulillah Saat Itu

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 29 April 2021 | 16:14
KRI Nanggala-402
Instagram

KRI Nanggala-402

Fotokita.net - Duka mendalam masih dirasakan atas gugurnya 53 awak KRI Nanggala-402 usai bukti otentik menunjukkan kapal selam andalan TNI AL itu tenggelam di dasar perairan sebelah utara Bali pada Minggu (25/4/2021).

Setelah hilang kontak pada Rabu (21/4/2021), status KRI Nanggala-402 dinyatakan subsunk (tenggelam) oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto Sabtu (24/4/2021). Status ini dirilis usai menerima bukti otentik yang dihasilkan dari tim pencari.

Ketika itu, Laksamana Yudo Margono menduga KRI Nanggala-402 tidak mengalami blackout atau mati listrik saat dinyatakan hilang kontak hingga tenggelam di laut utara Bali.

Baca Juga: KSAL Akui Kesulitan Evakuasi dari Kedalaman 850 Meter, Pentagon Siap Kirim Alat Canggihnya untuk Angkat KRI Nanggala-402 dari Dasar Laut

Menurut Yudo Margono, visual terakhir yang dilihat tim penjejak Komando Pasukan Katak (Kopaska), lampu kapal dalam keadaan menyala saat masuk ke dalam air.

Bahkan, isyarat perang tempur dan menyelam masih terdengar dari kapal penjejak yang berada sekitar 50 meter dari KRI Nanggala-402.

Dengan adanya isyarat tempur dan lampu yang masih menyala itu, Yudo menduga KRI Nanggala-402 tidak mengalami blackout.

Baca Juga: KRI Nanggala-402 Tenggelam, Tangis Istri Serda Guntur Teknisi Senior Kapal Selam Pecah: Suami Saya Sebenarnya Sempat Tak Ingin Berangkat

"Lampu hidup, bahkan isyarat perang tempur dan perang menyelam masih terdengar kapal penjejak yang berjarak 50 meter. Dari itu saya menduga kapal tak blackout," kata Yudo Margono di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, Sabtu (24/4/2021).

Yudo menegaskan, jumlah cadangan oksigen di KRI Nanggala-402 masih belum pasti.

Sebab, ada dua kondisi yang menentukan jumlah pasokan oksigen kapal selam itu.

Baca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur, Anak Balitanya Larang Sang Ayah Pergi Tugas di KRI Nanggala-402, Istri Lettu Imam Adi Kini Nyesal Tak Cepat Lakukan Ini: Maafin Mama Ya Pa

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest