Follow Us

Bak Panggang Jauh Dari Api, Terus-terusan Diklaim Jokowi, Media Asing Soroti Kondisi Indonesia Usai Lewati 1 Juta Kasus Covid-19

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 27 Januari 2021 | 07:48
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk kelompok prioritas, yaitu tenaga kesehatan.
Kompas.com

Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk kelompok prioritas, yaitu tenaga kesehatan.

Fotokita.net - Bak panggang jauh dari api, terus-terusan diklaim Jokowi, media asing soroti kondisi Indonesia usai lewati 1 juta kasus Covid-19.

Presiden Joko Widodo mengklaim, Indonesia bisa mengendalikan dua krisis yang terjadi selama pandemi Covid-19 dengan baik.

Adapun dua krisis yang dimaksud yakni krisis pandemi dan krisis ekonomi sepanjang 2020 dan memasuki 2021.

"Kita bersyukur Indonesia termasuk negara yang bisa mengendalikan dua krisis tersebut dengan baik," kata Jokowi dalam acara Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Persekutuan Gereja-gereja (PGI) di Indonesia melalui tayangan YouTube Yakoma PGI, Senin (25/1/2021).

Baca Juga: Belum Sebulan Dilantik Jadi Presiden AS, Joe Biden Larang Warga Asing dari 30 Negara Masuk Amerika, Termasuk Indonesia?

Namun, kata Jokowi, ujian belum sepenuhnya selesai. Pandemi masih berlangsung dan masyarakat masih harus waspada serta siaga.

Bersamaan dengan pandemi, berbagai bencana alam melanda Tanah Air. Beberapa hari lalu, hampir semua kabupaten/kota di Kalimantan Selatan diterpa banjir.

Tak hanya itu, tanah longsor terjadi di Sumedang. Gempa juga mengguncang Mamuju dan Majene di Sulawesi Barat.

Baca Juga: Muncul Kasus Positif Covid-19 Usai Divaksin, Kepala Puskesmas Ini Ungkap Alasannya Berteriak Histeris Saat Akan Disuntik Vaksin Sinovac

Musibah kecelakaan terjadi dengan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu.

Jokowi menekankan, pemerintah bekerja sama dengan berbagai komponen masyarakat telah sigap menangani ini.

"Tapi kita juga harus terus bekerja keras untuk mengurangi risiko-risiko bencana dan selalu siaga untuk menghadapinya. Semua bencana ini harus kita hadapi dengan tegar dan penuh kesiagaan," ujarnya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest