Follow Us

Diprediksi Alami Gempa dan Tsunami Dahsyat, Warga Padang Panik Digoyang Guncangan Besar, Sumber Gempa Bumi 6,3 M dari Sini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 17 November 2020 | 10:15
Ilustrasi gempa bumi
TribunnewsWiki

Ilustrasi gempa bumi

Fotokita.net - Diprediksi alami gempa dan tsunami dahsyat, warga Padang panik digoyang guncangan besar, sumber gempa bumi 6,3 M dari sini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat menyebut para ahli memperingatkan potensi gempa bumi besar magnitudo 8,9 dari patahan Megathrust Mentawai.

Karena itu BPBD mewaspadai bencana lanjutan dari gempa ini yakni tsunami hingga 10 meter di Kota Padang.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Mbak You Terawang Ada Bencana Besar Landa Indonesia Pada Hari Khusus Ini: Banyak Doa...

Hal ini diungkap Kepala Bidang PK BPBD Sumbar Syahrazad Jamil pada diskusi virtual terkait upaya pengurangan risiko bencana tsunami di Provinsi Sumbar.

Ia mengatakan hanya butuh waktu 30 menit untuk gelombang tsunami sampai di Kota Padang.

"20 sampai 30 menit kemudian disusul gelombang tsunami di Kota Padang setinggi enam hingga 10 meter dengan jarak dua hingga lima kilometer," kata Jamil seperti dikutip Antara, Jumat (13/11).

Baca Juga: Kabar Gembira, Nadiem Makarim Pastikan Tenaga dan Guru Honorer Dapat Subsidi Gaji, Ternyata Syaratnya Gampang

Bencana alam tersebut diprediksi setidaknya berdampak pada 1,3 juta penduduk.

Dengan menggunakan skenario terburuk, diperkirakan 39.321 jiwa meninggal dunia, 52.367 hilang dan 103.225 mengalami luka-luka.

"Pelabuhan Teluk Bayur dan Bandara Minangkabau hancur, itu prediksi para ahli," katanya.

Sebagaimana diketahui, ujar dia, Pulau Sumatera sudah mengalami beberapa kali bencana tsunami.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest