Follow Us

Ditetapkan Sebagai Dasar Negara, Inilah Arti dan Makna Penting Lambang Pancasila yang Menjadi Pandangan Hidup Warga Indonesia

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 24 September 2020 | 06:58
Gapura Replika Garuda Pancasila buatan Extramarks
Extramarks

Gapura Replika Garuda Pancasila buatan Extramarks

Fotokita.net - Ditetapkan sebagai dasar negara, inilah arti dan makna penting lambang Pancasila yang menjadi pandangan hidup warga Indonesia.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangat memegang teguh Pancasila sebagai dasar dan pedoman yang kuat untuk mencapai tujuan kenegaraan. Pun demikian bagi masyarakatnya, memaknai Pancasila memiliki arti penting yang sangat luas dalam sendi-sendi kehidupan.

Arti penting Pancasila dalam kehidupan merupakan dasar filsafat atau dasar falsafah negara.

Artinya, Pancasila merupakan suatu dasar nilai, serta norma untuk mengatur pemerintahan sebagai penyelenggara negara.

Maka Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum, pancasila merupakan sumber kaidah hukum negara yang secara konstitusional mengatur negara Republik Indonesia berserta seluruh unsur-unsurnya yaitu rakyat, wilayah, serta pemerintahan negara.

Baca Juga: Arti dan Makna 5 Simbol dari Lambang Pancasila Sebagai Dasar Negara

Sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sebagai sumber tertib hukum Indonesia maka Pancasila tercantum dalam ketentuan tertinggi yaitu Pembukaan Uud 1945, kemudian dijelmakan atau dijabarkan lebih lanjut dalam pokok-pokok pikiran, yang meliputi suasana kebatinan dari UUD 1945, yang pada akhirnya dikongkritisasikan atau di jabarkan dalam pasal-pasal UUD 1945, serta hukum positif lainnya.

Pandangan tersebut melukiskan Pancasila secara integral (utuh dan menyeluruh) sehingga merupakan penopang yang kokoh terhadap negara yang didirikan di atasnya, dipertahankan dan dikembangkan dengan tujuan untuk melindungi dan mengembangkan martabat dan hak-hak azasi semua warga bangsa Indonesia.

Baca Juga: Inilah Manfaat Gerakan Lokomotor dan Non Lokomotor Bagi Tubuh Kita serta Manipulatif dalam Olahraga Bulu Tangkis

Memaknai Pancasila

Besarnya arti penting Pancasila sebagai pondasi negara memberikan makna yang sangat dalam bagi segenap rakyat Indonesia.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest