Follow Us

Ngaku Bukan Dokter Apalagi Alumni IPB, Terungkap Profesi Asli Hadi Pranoto yang Klaim Temukan Obat Antibodi Covid-19 Hingga Berujung Pada Laporan Polisi

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 06 Agustus 2020 | 06:53
Hadi Pranoto, anak asuh tertua Abah Surya.
Tribunnews Bogor

Hadi Pranoto, anak asuh tertua Abah Surya.

Fotokita.net - Hadi Pranoto mengklaim sudah banyak pasien yang sembuh dari obat yang diciptakannya bersama tim.

Nama Hadi Pranoto mendadak viral. Hal ini lantaran Hadi Pranoto mengaku sudah menemukan obat dari corona.

Belakangan ini nama Hadi Pranoto terus saja jadi pergunjingan publik. Maklum, sosok Hadi Pranoto menggegerkan publik dengan temuannya tentang obat herbal Covid-19 yang tayang dalam kanal YouTube Dunia Manji milik musisi Anji.

Sebenarnya, bagaimana riset atau penelitian yang dilakukan Hadi tentang herbal yang disebutnya sebagai Antibodi Covid-19 ini?

Baca Juga: Hadi Pranoto Merasa Baik-baik Saja dengan Anji Usai Laporan Polisi, Deddy Corbuzier Justru Anggap Enteng Soal Video yang Jadi Polemik: Niatnya Baik, Strateginya Salah

Hadi mengklaim dirinya memiliki tim riset dan merupakan lembaga riset independen yang tidak terkait dari institusi mana pun.

"Lembaga riset independen, dan sementara waktu kami sebut dengan Antibodi Covid-19. Karena kita konsen pada kasus Covid-19," kata Hadi seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (3/8/2020).

Baca Juga: Video Manji Soal Obat Corona Dihapus YouTube, Nama Ariel Noah Malah Trending, Ucapannya Ke Anji Terbukti: Kalau Nggak Nguasai Gue Nggak Mau Ngomong

Bertindak sebagai Ketua Tim Riset Antibodi Covid-19, Hadi mengaku selama ini tidak pernah mendeklarasikan dirinya sebagai profesor maupun dokter, sebagaimana ramai diperdebatkan saat ini.

Sebutan profesor, kata dia, merupakan apresiasi yang diberikan rekan tim risetnya.

Dia juga mengaku tidak pernah menyebut dirinya sebagai dokter dan tidak ada hubungannya dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Karena saya saat ini sedang mendalami untuk penelitian mikrobiologi, untuk pengembangan sistem riset, itu yang membuat teman-teman bangga dengan diri saya (disebut profesor). Saya bukan dokter sama sekali," jelas Hadi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest