Follow Us

Sudah Mulai Masuk Musim Kemarau, Tapi Suhu Sejumlah Daerah di Indonesia Malah Lebih Dingin Beberapa Hari Terakhir, Begini Penjelasan Ahli

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 06 Juli 2020 | 12:00
Ilustrasi Suhu Udara

Ilustrasi Suhu Udara

Fotokita.net - Belakangan ini masyarakat yang tinggal di selatan khatulistiwa seperti Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, dan sebagian Sumatera pasti merasa lebih dingin dari biasanya.

Padahal, sejumlah daerah sudah mulai memasuki musim kemarau hingga menimbulkan cuaca gerah.

Apa sebenarnya yang sedang terjadi?

Saat ini, bumi sedang berada pada titik Aphelion atau titik terjauh dengan matahari. Bumi bergerak mengelilingi matahari dalam lintasan elips.

Baca Juga: Misteri Pendaki Hilang di Gunung Guntur, Bisa Lihat Orang Lain Tapi Mulutnya Seperti Dibungkam, Penjaga Parkir Akhirnya Bisa Temukan Korban Setelah Lakukan Ritual Ini

Artinya, ada saat ketika bumi berada pada titik terdekatnya dengan matahari dan ada kalanya bumi berada sangat jauh dari matahari.

Ketika bumi berada di titik terjauh dari matahari, ini disebut Aphelion. Fenomena ini terjadi setiap tahun dan selalu jatuh pada bulan Juli.

Baca Juga: Masih Ingat Enzo Zenz Allie? Taruna Akmil Keturunan Perancis yang Viral Gegara Diduga Simpatisan Organisasi Terlarang, Begini Kabarnya Sekarang Setelah Bertemu Menhan Prabowo

Dilansir laman Langit Selatan, Senin (6/7/2020), bumi berada di titik terjauh dari matahari dengan jarak 1,0167 AU atau 152.505.000 kilometer.

Sementara pada Sabtu (4/7/2020), pukul 18.34 WIB, bumi berada di jarak 152.095.295 kilometer dari bumi.

"Yang memengaruhi Aphelion adalah bentuk orbit bumi yang bukan lingkaran sempurna, melainkan berbentuk elips," kata Andi Pangerang, peneliti dari Pusat Sains Antartika Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan), Minggu (5/7/2020).

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest