Follow Us

Soeharto Beli Jet Tempur Andalan Israel Lewat Akal Bulusnya, Teknisi TNI AU Panik Saat Pesawat Itu Tak Pernah Kelar Diperbaiki, Akhirnya Sang Komandan Ambil Tindakan Mistis Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 30 Juni 2020 | 08:50
A-4 Skyhawk TNI AU
A Winardi

A-4 Skyhawk TNI AU

Fotokita.net - Mendiang Soeharto yang pernah memimpin negara ini selama 32 tahun dikenal sebagai figur yang misterius, namun selalu mengumbar senyum saat berada di depan kamera.

Presiden ke-2 Republik Indonesia itu juga dikenal sebagai bapak pembangunan yang memiliki latar belakang militer. Soeharto memiliki pengalaman perang melawan penjajah hingga akhirnya menjadi jenderal di lingkungan TNI AD.

Lantaran terbiasa melakukan operasi intelijen seperti pengalamannya di medan laga, Soeharto ternyata banyak menelurkan kebijakan rahasia, yang hanya diketahui oleh orang-orang dekatnya.

Soeharto tercatat pernah beberapa kali melakukan misi super rahasia yang dipercayakan kepada Benny Moerdani.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo Melonjak Drastis Hingga Digadang-gadang Jadi Presiden, Sosok Ini Langsung Beri Komentar Menohok Buat Gubernur Jateng: 'Mana Boleh Orang Hobinya Nonton Film Porno Jadi Pejabat'

Salah satu misi super rahasia Soeharto adalah pembelian 32 pesawat tempur bekas A-4E Skyhawk milik Israel pada 1979.

Melansir dari buku berjudul "Benny Moerdani Yang Belum Terungkap", berikut cerita misi super rahasia Soeharto.

Nama sandi misi super rahasia ini adalah Operasi Alpha, diambil dari huruf depan pesawat A-4E Skyhawk yang akan dibeli.

Pembelian pesawat tempur bekas A-4E Skyhawk secara diam-diam ini dilakukan karena Indonesia saat itu tak punya hubungan diplomatik dengan Israel.

Baca Juga: Video Jokowi Marah Besar Saat Rapat Kabinet Hingga Tangannya Gemetar Baru Beredar Setelah 10 Hari, Begini Penjelasan Pihak Istana, Cuma Jadi Alat Pencitraan di Tengah Krisis Covid-19?

Mantan Kepala Staf TNI AU Marsekal (Purn) Ashadi Tjahjadi dalam bukunya berjudul 'Loyalitas Tanpa Pamrih', menceritakan Benny Moerdani memberikan ancaman kepada para anggota yang ikut dalam misi super rahasia itu.

Benny mengancam tidak akan mengakui kewarganegaraan mereka jika misi ini gagal.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest