Follow Us

Tahun 2020 Penuh Cobaan, Wabah Corona Belum Selesai Gunung Merapi Meletus Hingga Gempa Guncang Laut Selatan, Ramalan Anak Indigo Tentang Nasib Indonesia Terbukti?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 22 Juni 2020 | 09:46
Gunung Merapi meletus pada 21 Juni 2020 pukul 09.13 WIB.

Gunung Merapi meletus pada 21 Juni 2020 pukul 09.13 WIB.

Fotokita.net - Pada awal tahun 2020 Indonesia disibukan dengan bencana banjir yang terjadi dibeberapa wilayah. Urusan banjir kelar, belakangan negara kepulauan ini juga tengah sibuk menghalau wabah virus corona.

Belum lagi urusan wabah virus corona bisa dihalau, warga kembali dikejutkan dengan kabar meletusnya Gunung Merapi pada Minggu (21/6/2020) pagi.

Setelah Merapi erupsi, Senin (22/6/2020), Laut Selatan Jawa digoyang gempa bumi.

Gempa tektonik yang berpusat di Selatan Jawa ini berkekuatan M 5,0 terjadi pada pukul 02.33 WIB, Senin (22/6/2020).

Baca Juga: Terekam Kamera Pengawas, Begini Video Detik-detik Letusan Gunung Merapi yang Menggetarkan, Tinggi Kolom Erupsi 6 Km

Menurut analisis BMKG, gempa bumi ini memiliki parameter awal magnitudo M 5,0 dan parameter update magnitudo M 5,1.

Dalam keterangan resmi Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc menyebutkan bahwa episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 8,98 LS dan 110,85 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 91 kilometer arah Selatan Kota Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 93 kilometer.

Baca Juga: Diduga Jadi Dalang Penembakan di Green Lake City, John Kei yang Baru Bebas dari Nusakambangan Kembali Ditangkap, Begini Sepak Terjang Godfather of Jakarta Itu

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hipesenternya, gempa yang terjadi ini merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan turun atau normal fault," kata dia.

Kendati gempa ini berlokasi di laut, dari hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest