Follow Us

Terlanjur Leha-leha Dikira Dapat Fasilitas Gratis dari Pemerintah, Pasien Covid-19 Ini Syok Begitu Ditagih Rumah Sakit, Akhirnya Terpaksa Utang Ke Tetangga Buat Lunasi Rp 6,7 Juta

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 17 Juni 2020 | 12:35
Ilustrasi pasien corona
Kompas

Ilustrasi pasien corona

Fotokita.net - Kasus baru warga yang positif terinfeksi virus corona masih terhitung tinggi di Indonesia. Meski sempat turun signifikan, tapi dalam sepekan terakhir angka penambahannya tak pernah kurang dari 800 kasus, bahkan beberapa kali mencapai angka 1.000 kasus.

Angka kasus positif Covid-19 saat ini sudah tersebar di 34 provinsi. Tiap daerah sudah menunjuk rumah sakit yang secara intensif merawat pasien terinfeksi virus corona.

Belakangan ini sebuah cerita yang dikisahkan oleh seorang pasien isolasi Covid-19 membuat publik terkejut. Pasien Covid-19 itu menceritakan pengalamannya setelah berada di ruang isolasi di rumah sakit.

Baca Juga: Aktor Kondang Ini Sudah Tahu Bintang Emon Bakal Jadi Sasaran Balik Sehabis Rilis Video Sindiran, Kini Sang Komika Kembali Buka Akun Media Sosialnya: Tak Kapok Bikin Kritik Pada Penguasa?

Padahal, di masa pandemi corona di Tanah Air, subsidi pemerintah terkait pembiayaan perawatan intensif pasien positif Covid-19 memang sangat diperlukan.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/104/2020 tentang Penetapan Infeksi Corona Virus sebagai Penyakit Dapat Menimbulkan Wabah dan Penanggulangannya yang diteken Menteri Kesehatan pada 4 Februari 2020.

Baca Juga: China Sudah Nyatakan Pasar Seafood Wuhan Terbebas dari Corona, Beijing Tiba-tiba Beri Pengumuman Tempat Transaksi Ekonomi Ini Jadi Klaster Baru: Kembali Berlakukan Lockdown?

Menyebutkan segala bentuk pembiayaan dalam rangka upaya penanggulangan sebagaimana dimaksud diktum kedua dibebankan pada anggaran Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, dan/atau sumber dana lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Namun sayangnya, hingga 3 bulan ini, masih ada saja sebagian masyarakat yang dipungut biaya selama menjalani masa isolasi Covid-19 di RSUD M Yunus, Bengkulu.

Baca Juga: Belum Lagi Ketegangan dengan India Reda, Militer Tiongkok Dibikin Panas Dingin Gegara Aksi 3 Kapal Induk Amerika Berlayar ke Laut China Selatan: Perang Segera Pecah?

Seperti HS, seorang perempuan di Bengkulu yang harus membayar Rp 6,7 juta setelah menjalani isolasi Covid-19.

Pasien berisial HS awalnya berkunjung ke rumah sakit untuk memeriksakan penyakit bawaan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest