Follow Us

Rekaman Foto Tentaranya Digebuk Habis Militer China Sengaja Disebarkan, India Langsung Bikin Kesepakatan dengan Antek Amerika: Negeri Tirai Bambu Terjepit?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 04 Juni 2020 | 16:31
Bendera India dan Cina terlihat di Beijing. Pasukan di sepanjang perbatasan bersama telah terkunci dalam ketegangan selama hampir sebulan, dengan menteri pertahanan India Rajnath Singh pada hari Minggu mengakui ketegangan.
SCMP

Bendera India dan Cina terlihat di Beijing. Pasukan di sepanjang perbatasan bersama telah terkunci dalam ketegangan selama hampir sebulan, dengan menteri pertahanan India Rajnath Singh pada hari Minggu mengakui ketegangan.

Fotokita.net - Persaingan untuk mendapatkan hak menangkap ikan merupakan salah satu motivasi utama dalam perselisihan di perairan Laut China Selatan.

Pengamat memperingatkan bahwa pandemi Covid-19 dapat memicu krisis pangan yang akan meningkatkan risiko konflik di wilayah tersebut.

Collin Koh, seorang peneliti di Sekolah Studi Internasional S Rajaratnam di Singapura, mengatakan bahwa pemerintah di kawasan ini dapat meningkatkan dukungan mereka untuk komunitas nelayan lokal dan tugas perlindungan perikanan.

"Ketegangan Laut Cina Selatan pasca-pandemi bisa meningkat karena meningkatnya fokus negara-negara kawasan pada peningkatan ketahanan pangan, di mana ikan merupakan bagian penting dari asupan protein mereka," kata Koh.

PBB telah memperingatkan bahwa sebanyak 265 juta orang akan menghadapi "bencana kelaparan" pada akhir tahun ini sebagai akibat dari pandemi.

Baca Juga: Derita ABK Indonesia di Kapal China, Banting Tulang Kejar Setoran Hingga Makan Umpan Ikan: Kita Dibedain Sama Orang Dia

Tak hanya itu, China juga terlibat konflik dengan beberapa negara tetangganya, termasuk dengan India.

Meskipun jarang disorot, belakangan ketegangan India-China muncul di media sosial.

Menurut media Vietnam 24h.com.vn, pada Selasa (2/6/2020), sebuah rekaman foto bentrokan China dengan India di perbatasan negara beredar.

Baca Juga: Memilukan! Bertahun-tahun Kaya Raya dari Hasil Jualan Emas Hitam, Kini Presiden Ini Kebingungan Saat Rumah Sakit di Negaranya Butuh Listrik dan Air Bersih untuk Tangani Pasien Corona

Konflik kedua negara tersebut beredar di media sosial, meski dikabarkan kedua pemerintah telah menyatakan keinginan untuk meredakan ketegangan.

Menurut South China Morning Post (SCMP), foto-foto bentrokan antara pasukan India dan China pertama kali diposting di platform WeChat.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest