Follow Us

Biarpun Dikepung Puluhan Musuh, Sniper Tangguh Andalan TNI Ini Malah Makin Trengginas: Cabuti Satu Per Satu Nyawa dari Setiap Peluru yang Dia Lepaskan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 26 Mei 2020 | 19:42
Tatang saat bertugas di Timor Timur
Commando/Dok.Pribadi via Sosok.ID

Tatang saat bertugas di Timor Timur

Fotokita.net - Timor Timur memang punya sejarah panjang dengan Indonesia. Maklum, sebelum bergabung menjadi provinsi paling muda di wilayah Nusantara, militer Indonesia melakukan invasi ke daerah yang kini bernama Timor Leste itu.

Sejarah TNI telah mencatat Operasi Seroja di Timor Timur telah menjadi operasi miiliter terpanjang. Pada akhir 1975, TNI mulai menggelar Operasi Seroja.

Dalam Operasi Seroja, tiga matra TNI, baik AD, AL, dan AU dilibatkan.

Tak terkecuali para Sniper TNI yang langsung diterjunkan ke medan laga.

Mengutip majalah Commando Edisi No.4 tahun 2014, salah satu sniper yang diterjunkan ialah Tatang Koswara.

Baca Juga: Kapolda Jatim Cuma Usir Anak Buahnya yang Tertidur di Tengah Rapat, Kim Jong Un Tembak Menhan Korea Utara dengan Senjata Anti Serangan Udara Gara-gara Terlelap dalam Acara Resmi

Tatang yang baru saja mendapat pelatihan sniper dari Green Beret US Army langsung dilibatkan dalam Komando Satgas Pamungkas untuk mendukung serbuan Indonesia ke Timor Timur.

Tatang bahkan diikutsertakan kedalam satuan Kopassandha (Kopassus) lantaran saat itu Korps Baret Merah kekurangan sniper.

"Jadi karena TNI AD, lewat Pak Edi Sudrajat, tahu kemampuan saya sebagai sniper lalu saya disuruh bergabung dengan para sniper Kopassandha," kata Tatang.

Baca Juga: Dikenal Tangguh Berkat Pendidikan Berat, Pasukan Elit Israel Akhirnya Harus Terima Pil Pahit dari Pejuang Hizbullah Gara-gara Satu Sergapan Mematikan Ini

"Namun di belakang hari gara-gara bertempur sebagai sniper dan bergabung dengan Kopassandha saya dikira juga anggota Kopassus. Padahal satuan saya tetap di Pussenif," lanjutnya.

Tahun 1977, Tatang lantas mendapat penugasan cukup berat di Timtim.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest