Follow Us

Dikenal Punya Operasi Penembakan Preman Bertato Nan Kejam, Siapa Sangka Soeharto Muda Dapat Tamparan Keras dari Sosok Ini. Ternyata Bukan Sembarang Orang!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 29 Desember 2019 | 18:49
Dikenal Punya Operasi Penembakan Preman Bertato Nan Kejam, Siapa Sangka Soeharto Muda Dapat Tamparan Keras dari Sosok Ini. Ternyata Bukan Sembarang Orang!
Kolase Dok. / Tribun Jambi dan Tribunnews

Fotokita.net - Ketika Soeharto muda masih aktif di militer, ia dikabarkan pernah ditampar oleh seorang panglima militer yang sekaligus pendiri Kopassus.

Sosok yang menampar Soeharto itu adalah Alex Evert Kawilarang, yang saat itu menjabat sebagai Panglima selaku atasan dari Letkol Soeharto.

Kisah penamparan Soeharto oleh Alex Evert Kawilarang ini ada dalam buku 'Suharto and His Generals: Indonesian Military Politics 1975-1983' tulisan David Jenkins (1984).

Presiden Soeharto merupakan Pemimpin Indonesia yang paling lama berkuasa. Hingga kini dirinya masih terus diingat dengan sejumlah momen kekuasaannya.

Tapi siapa sangka, sosok tegas ini pernah ditampar oleh seseorang!

Baca Juga: Kolaps di Pesawat dalam Kunjungan Kerja, Aktivis Reformasi Ini Tak Kenal Takut Lawan Aksi Represif Soeharto Hingga Tolak Tawaran Jokowi

Dok. Keluarga A.E. Kawilarang

Sekitar 1950-an, sebagai Panglima Wirabuana, Alex Kawilarang melaporkan kepada Presiden Soekarno bahwa keadaan di Makassar sudah aman.

Namun Soekarno justru menyodorkan sebuah radiogram yang baru saja diterimanya yang melaporkan bahwa pasukan KNIL (Tentara Kerajaan Hindia-Belanda) Belanda sudah menduduki Makassar.

Brigade Mataram, pasukan yang seharusnya mempertahankan kota Makassar saat itu juga dilaporkan telah mundur ke Lapangan Udara Mandai.

Mendengar radiogram itu, Kawilarang marah besar dan segera kembali ke Makassar.

Baca Juga: Berdiri Sewaktu Presiden Soeharto Berkuasa, BUMN Misterius Ini Bikin 2 Menteri Jokowi Cuma Bisa Melongo. Lantas, Kenapa Tiba-tiba Badan Usaha Negara Itu Jadi Sorotan?

1 2 3 ... 5

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest