Follow Us

Gerhana Matahari Cincin Lintasi Wilayah Indonesia, Lantas Kenapa Nabi Muhammad Perintahkan Umat Muslim Lakukan Shalat Gerhana? Begini Sejarahnya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 26 Desember 2019 | 06:12
Lihat Gerhana Matahari Secara Langsung Bisa Merusak Mata, Ini Cara Melihat Fenomena Alam Tersebut
getty images

Lihat Gerhana Matahari Secara Langsung Bisa Merusak Mata, Ini Cara Melihat Fenomena Alam Tersebut

Fotokita.net - Gerhana matahari cincin (GMC) terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris.

Saat itu, piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dibandingkan piringan matahari.

Oleh karena itu, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yakni gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Baca Juga: Gerhana Matahari Cincin Jadi Obyek Fotografi Nan Menarik, Rupanya Begini Alasan Nabi Muhammad Perintahkan Umat Islam Shalat Gerhana Saat Peristiwa Alam Itu

Kepala Biro Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Akhmad Taufan Maulana, Minggu (22/12/2019), membenarkan gerhana matahari cincin akan melewati sejumlah wilayah di Indonesia.

Taufan menjelaskan, fenomena GMC tidak hanya melewati beberapa wilayah Indonesia, melainkan juga melalui Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Malaysia, dan Samudra Pasifik.

GMC pada 26 Desember 2019 dapat diamati di sedikit Afrika bagian timur, seluruh wilayah Asia, Samudra India, Australia bagian utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Baca Juga: Gerhana Bulan Parsial Terakhir Pada 2019. Lihat Foto-foto Hasil Jepretan dari Warganet

Sementara, di Indonesia, GMC akan melewati 25 kota dan kabupaten di Indonesia.

Sementara yang lain menikmati gerhana, umat muslim menyempatkan waktu untuk melakukan shalat.

Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terlihat di kota Sibolga (Sumatera Utara), Padang Sidempuan (Sumatera Barat), Duri (Riau), Batam dan Tanjung Pinang (Riau Kepulauan), Singkawang (Kalimantan Barat), serta Tanjung Selor (Kalimantan Utara).

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest