Follow Us

Sempat Dipandang Sebelah Mata, Lihat Foto-foto Atlet Muda Indonesia yang Mulai Mengamuk di SEA Games 2019 Filipina: Medali Emas Pun Datang Bertubi-tubi!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 06 Desember 2019 | 16:20
Pesepak takraw Indonesia Muhammad Hardiansyah Muliang (depan) memblok smes dari pesepak takraw Myanmar Aung Naing Oo dalam pertandingan babak Final Sepak Takraw Ganda Beregu Putra SEA Games ke-30 di Subic Gymnasium, Filipina, Kamis (5/12/2019).  Regu takraw putra Indonesia menang atas Myanmar dengan
ANTARA FOTO

Pesepak takraw Indonesia Muhammad Hardiansyah Muliang (depan) memblok smes dari pesepak takraw Myanmar Aung Naing Oo dalam pertandingan babak Final Sepak Takraw Ganda Beregu Putra SEA Games ke-30 di Subic Gymnasium, Filipina, Kamis (5/12/2019). Regu takraw putra Indonesia menang atas Myanmar dengan

Fotokita.net - Indonesia menjadi negara Asia Tenggara terbaik dalam ajang empat tahunan itu. Pada SEA Games 2019 di Filipina ini, masyarakat tidak bisa berharap terlalu banyak Indonesia bisa menjadi juara umum.

”Secara jujur pada SEA Games kali ini, peluang Indonesia untuk juara umum mustahil. Untuk duduk di peringkat kedua atau ketiga, nyaris mustahil. Paling realistis, Indonesia cuma bisa di peringkat keempat atau kelima. Tapi, kami harap Indonesia bisa berada di peringkat keempat atau naik satu peringkat dibandingkan SEA Games dua tahun lalu,” ujar Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto dihubungi dari Jakarta, Minggu (24/11/2019).

Sebab, kontingen Indonesia saat ini mayoritas atlet muda yang minim pengalaman. Program pelatnas juga tidak seoptimal persiapan Asian Games 2018.

Gatot mengatakan, ekspektasi masyarakat pasti tinggi terhadap kontingen Indonesia di SEA Games 2019 selama 30 November-11 Desember ini. Di Asian Games, Indonesia duduk di peringkat keempat dari total 37 peserta dengan perolehan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Baca Juga: Dulu Mencak-mencak di Media Sosial Gara-gara Perlakuan Suporter Timnas Garuda, Kini Menpora Malaysia Cuma Bereaksi Begini Sewaktu Dapat Protes Soal Pemukulan Suporter Indonesia di Kuala Lumpur

Indonesia menjadi negara Asia Tenggara terbaik dalam ajang empat tahunan itu. ”Publik pasti menganggap Indonesia bisa melibas semua negara ASEAN di SEA Games ke-30 ini,” katanya.

Namun, Gatot melanjutkan, pola pikirnya tidak sesimpel itu. Asian Games sangat berbeda dengan SEA Games. Mayoritas cabang pertandingan Asian Games adalah cabang-cabang Olimpiade.

Sedangkan mayoritas cabang SEA Games adalah cabang-cabang pilihan tuan rumah. Hanya ada 30an cabang Olimpiade dari 56 cabang di SEA Games 2019. Hal itu membuat tuan rumah sangat diuntungkan untuk mencapai prestasi terbaik.

Pelari Indonesia Agus Prayogo mencium medali emas saat menjuarai nomor marathon putra SEA Games 2019 di Stadion Atletik New Clark City, Clark, Filipina, Jumat (6/12/2019). Agus berhasil menyumbangkan medali emas pertama cabang atletik setelah menyelesaikan lomba sepanjang 42km itu dalam waktu dua ja
ANTARA FOTO

Pelari Indonesia Agus Prayogo mencium medali emas saat menjuarai nomor marathon putra SEA Games 2019 di Stadion Atletik New Clark City, Clark, Filipina, Jumat (6/12/2019). Agus berhasil menyumbangkan medali emas pertama cabang atletik setelah menyelesaikan lomba sepanjang 42km itu dalam waktu dua ja

Pada SEA Games 2017 Malaysia, Filipina hanya di peringkat keenam dari total 11 peserta dengan perolehan 24 emas, 33 perak, dan 64 perunggu. Mereka pasti akan melesat pada SEA Games ini, yakni diprediksi berada di tiga besar.

Mereka pasti akan bersaing ketat dengan negara favorit juara umum Thailand dan negara yang sedang naik daun di dunia olahraga ASEAN Vietnam.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest