Follow Us

Diketahui Pernah Bentak BJ Habibie Gara-gara Persoalan Ini, Kiprah Prabowo Sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Jokowi Bikin Penasaran

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 27 Oktober 2019 | 07:17
Prabowo Subianto dan prajurit Kopassus
IST via Tribunnews

Prabowo Subianto dan prajurit Kopassus

Fotokita.net - Rekam jejak Prabowo Subianto semasa aktif di dunia militer memang menarik untuk kita telusuri. Maklum, Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju 2019 - 2024 ini tercatat punya karir yang mentereng. Dengan cepat, Prabowo meraih pangkat yang tinggi, yaitu jenderal bintang tiga alias letnan jenderal.

Saat teman-teman seangkatannya belum lagi berada di pangkat itu, Prabowo seperti melaju sendirian. Ketika itu, banyak pihak yang memaklumi atas karir moncer Prabowo di dunia militer. Sebagai mantu kesayangan keluarga Cendana dan putra begawan ekonomi Indonesia, jalan Prabowo di dunia militer mulus, tanpa ganjalan.

Baca Juga: Dulu Saat Tumpas OPM Papua Diduga Punya Agenda Terselubung, Akankah Prabowo Simpan Misi Lain dalam Kabinet Indonesia Maju?

Prabowo pun berambisi menorehkan prestasi. Sayangnya, beberapa pencapaian itu ditengarai menabrak aturan dan diduga melawan perintah atasan. Seperti diketahui, garis komando di dalam TNI amatlah jelas: anak buah haram lawan perintah komandan.

Karir Prabowo pun terhenti saat BJ Habibie menduduki jabatan Presiden RI. Kedua tokoh bangsa itu lantas berdebat sengit. Kepada Habibie, Prabowo menanyakan alasan pencopotannya dari jabatan Panglima Kostrad pada 23 Mei 1998.

Prabowo Subianto
Instagram/@prabowo

Prabowo Subianto

Setelah menjadi polemik di mata publik, Presiden Joko Widodo mengungkap alasan mengapa memilih rivalnya di pilpres 2014 dan 2019, Prabowo Subianto, sebagai Menteri Pertahanan.

"Kita ini pengin membangun sebuah demokrasi gotong royong," kata Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Jokowi menjelaskan, di Indonesia tidak ada yang namanya oposisi seperti di negara lain. Demokrasi Indonesia adalah demokrasi gotong royong.

Lebih jauh soal alasan itu bisa di baca dalam tautan di bawah ini.

Baca Juga: Jadi Polemik di Mata Publik, Akhirnya Jokowi Jelaskan Secara Gamblang Alasan Pemilihan Prabowo Sebagai Menteri Pertahanan

Prabowo Subianto dan mantan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu sudah menggelar upacara serah terima jabatan di Gedung AH. Nasution, Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest