Follow Us

Punya Gaya Ceria dan Selalu Heboh, Siapa Sangka Bintang Iklan Mulus yang Pernah Dekat Al Ghazali Ini Pernah Coba Bunuh Diri Berulang Kali. Ada Masalah Apa Sebenarnya?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 19 Oktober 2019 | 21:06
 Ariel Tatum
instagram.com/arieltatum

Ariel Tatum

Fotokita.net - Aktris Ariel Tatum diketahui menderita Borderline Personality Disorder (BPD) atau kepribadian ambang akut, yang menyebabkan dirinya sulit untuk berkegiatan dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Gangguan mental yang dialaminya itu bahkan membuatnya nyaris berulang kali melakukan percobaan bunuh diri.

Itu sebabnya, aktris Ariel Tatum diketahui sempat menghilang dari industri hiburan Tanah Air. Ternyata, selama ini, perempuan yang mengawali karirnya sebagai model iklan ini tengah memfokuskan diri memperbaiki kesehatan mentalnya.

Baca Juga: Jago Cari Duit Lewat Cara Kekinian, Adik Ipar Sarah Azhari Ini Polisikan Suami Zaskia Sungkar. Begini 7 Fakta Rahasia Perempuan Hijab yang Pernah Nikah di Usia Muda Itu

Lantas, apa itu Borderline Personality Disorder (BPD)?

Dokter spesialis kejiwaan Gina Anindyajati mengatakan, Borderline Personality Disorder (Gangguan Kepribadian Ambang) merupakan salah satu diagnosis gangguan jiwa.

Menurut Gina, gangguan kepribadian adalah suatu pola dari pengalaman internal dan perilaku yang terus menerus ditunjukkan, tampak sebagai pikiran, perasaan, hubungan interpersonal, serta kendali impuls seseorang dalam kehidupan sehari-harinya.

Sempat menghilang dari industri hiburan Tanah Air, ternyata Ariel Tatum tengah fokus sembuhkan gangguan mental
Instagram/ @arieltatum

Sempat menghilang dari industri hiburan Tanah Air, ternyata Ariel Tatum tengah fokus sembuhkan gangguan mental

"Adapun pola ini menunjukkan deviasi yang bermakna dari norma budaya yang berlaku serta ekspektasi masyarakat pada umumnya," kata Gina, Sabtu (19/10/2019).

Gina mengatakan, untuk bisa disebut sebagai gangguan, maka sifatnya harus pervasif (menetap) dan infleksibel (sulit berubah), stabil sepanjang waktu (bukan sesuatu yang episodik atau hilang timbul), serta menimbulkan penderitaan dan kesulitan dalam menjalankan fungsi kehidupan.

"Secara umum, orang dengan gangguan kepribadian ambang menunjukkan masalah dalam mengendalikan impuls (dorongan bertindak) dan regulasi emosi," kata Gina.

Baca Juga: Sempat Heboh Karena Mau Jual Rumah Mewah, Anang dan Ashanty Akhirnya Batalkan Niat Itu. Galau Karena Rumah Mereka Juga Dihuni Makhluk Tak Kasat Mata?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest