Follow Us

Buat Warga Semarang, Sesaat Lagi Bakal Ada Fenomena Hari Tanpa Bayangan. Yuk Catat Waktunya!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 07 Oktober 2019 | 15:14
Indonesia Akan Mengalami Fenomena Langka Hari Tanpa Bayangan
Eskipaper

Indonesia Akan Mengalami Fenomena Langka Hari Tanpa Bayangan

Fotokita.net - Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhi mengatakan, hari tanpa bayangan atau istilahnya kulminasi, terjadi saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai kulminasi utama.

"Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri," ujar Setyoajie, Senin (7/10/2019).

Fenomena hari tanpa bayangan bakal terjadi di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (11/10/2019) tepatnya pukul 11.25 WIB. Fenomena itu terjadi ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Baca Juga: Musim Haji Lalu Ada Fenomena Langka di Arafah yang Terekam Foto, Pertanda Apakah dari Yang Maha Kuasa?

BMKG: Indonesia Akan Alami Fenomena Hari Tanpa Bayangan, Simak Tanggalnya!
BMKG

BMKG: Indonesia Akan Alami Fenomena Hari Tanpa Bayangan, Simak Tanggalnya!

Penyebab hari tanpa bayangan terjadi karena bidang ekuator bumi atau bidang rotasi bumi tidak tepat berhimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi bumi.

Sehingga posisi matahari dari bumi akan terlihat berubah terus sepanjang tahun antara 23,5o LU s.d. 23,5o LS. Hal ini disebut sebagai gerak semu harian matahari. Kendati demikian, fenomena hari tanpa bayangan adalah fenomena biasa yang kerap terjadi hampir setiap tahun.

Baca Juga: Pernah Terlibat dalam Pertempuran Sengit, Jenderal TNI Ini Kisahkan Bagaimana Dia Teteskan Air Mata Saat Berjumpa Kembali dengan Bekas Musuhnya

Ilustrasi bayangan hitam
Freepik

Ilustrasi bayangan hitam

Sehingga, bisa dipastikan tidak berbahaya bagi masyarakat dan bukan pertanda apapun. Setyoajie menjelaskan selain di Semarang, fenomena hari tanpa bayangan terjadi pula di seluruh wilayah di Jawa Tengah.

Namun, fenomena ini terjadi pada hari dan waktu yang berbeda-beda "Untuk wilayah Jawa Tengah, waktu kulminasi utama bervariasi mulai dari tanggal 11 Oktober 2019 hingga 13 Oktober 2019 di 35 kabupaten/kota. Fenomena ini bisa dilihat apabila cuaca sedang cerah," ujar dia. (Riska Farasonalia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap-siap, Semarang Akan Alami Hari Tanpa Bayangan."

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest