Follow Us

Berulang Kali Dapat Embargo dari Amerika, Kim Jong Un Berhasil Jaga Eksistensi Ekonomi Korea Utara. Bagaimana Resep Suksesnya?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 07 Oktober 2019 | 06:42
Kim Jong Un dan istrinya, Ri Sol Ju
express.co.uk

Kim Jong Un dan istrinya, Ri Sol Ju

Fotokita.net - Di Semenanjung Korea, ada dua negara yang punya wajah berbeda. Perbedaan kedua negara itu begitu kentara. Apabila Korea Selatan mengambil paham Barat yang serba terbuka, Korea Utara justru mengambil jalan dengan menerapkan sistem sosialis dengan ekonomi tertutup.

Akibatnya, kita bisa lihat Korea Utara seperti menyimpan banyak misteri. Tak sembarang informasi yang boleh keluar dari negeri Kim Jong Un ini. Lantaran mengembangkan sejumlah rudal berdaya ledak nuklir, Korea Utara harus terima kenyataan, dapat sanksi ekonomi bertubi-tubi dari negara Barat di bawah pimpinan Amerika Serikat. Kim Jong Un tak ambil pusing.

Sekalipun dapat embargo ekonomi, Kim Jong Un tetap percaya diri dalam menjalankan Korea Utara. Hingga kini pun, Kim Jong Un bangga, Korea Utara tetap berdiri.

Lantas bagaimana ekonomi Korea Utara itu dapat berjalan?

Baca Juga: Punya Kisah Cinta Penuh Misteri, Kim Jong Un Lenyapkan Nyawa Bekas Kekasih dengan Cara Ini. Apa Penyebabnya?

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tersenyum selama kunjungan ke Pabrik Pelumas Chonji,
Yahoo Finance

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tersenyum selama kunjungan ke Pabrik Pelumas Chonji,

Rupanya di Korea Utara ternyata ada orang-orang yang diam-diam memiliki pengaruh besar bagi negeri sosialis yang condong ke Rusia itu.

Mereka bahkan disebut, orang-orang yang sanggup mengendalikan perekonomian Korea Utara.

Mereka adalah kaum donju, pengusaha kaya asal Korea yang disebut sebagai "Penguasa Uang" atau juga mereka adalah "Kapitalis Korea Utara"

Baca Juga: Kehidupan Pribadinya Jadi Misteri, Kim Jong Un Tak Pernah Lepas dari Kontroversi. Foto-foto Unik yang Beredar Pun Selalu Jadi Teka-teki

Mereka disebut tangan tak terlihat dari pertumbuhan ekonomi Korea Utara, yang bekerja untuk keuntungan dan stabilitas.

Karena itulah, meski negara miskin yang minim sumber daya, Korea Utara tidak pernah bangkrut atau dalam situasi terpuruk.

Source : koreajoongangdaily

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest