Follow Us

Jarum Suntik Berceceran di Pantai, Risiko Tertular Penyakit Berbahaya Semakin Besar. Lihat Foto-foto yang Bikin Kita Bergidik

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 05 September 2019 | 12:42
Penyelidikan kasus ini menyoroti proses pembuangan limbah B3 yang melibatkan jaringan rumah sakit, layanan pembuang limbah, dan pengolah sampah.
KLHK

Penyelidikan kasus ini menyoroti proses pembuangan limbah B3 yang melibatkan jaringan rumah sakit, layanan pembuang limbah, dan pengolah sampah.

Fotokita.net - Limbah medis termasuk jarum suntik bekas, ampul darah, selang infus bekas, dan obat kadaluarsa berserakan di jalan Pangurangan-Klangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Beberapa kantung obat dan ampul bertuliskan nama-nama rumah sakit di Lampung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan Jakarta.

Namun seorang pejabat dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi). mengatakan penanganan limbah B3 rumah sakit biasanya ditangani secara khusus menggunakan jasa pihak ketiga, dan pihak rumah sakit tidak tahu ke mana pihak ketiga membuang limbah tersebut.

Baca Juga: Warga Dayak di Perbatasan Malaysia Ini Mampu Bikin Garam Gunung dengan Kandungan Yodium Tinggi. Lalu, Mengapa Kita Masih Impor Garam?

Kejadian di negara kita itu terjadi pada dua tahun lalu. Kini, masalah serupa ditemukan di Pakistan.

Pantai Clifton populer di kalangan warga lokal dan turis.
Getty Images via BBC Indonesia

Pantai Clifton populer di kalangan warga lokal dan turis.

Shaniera Akram awalnya berencana untuk jalan-jalan pagi di salah satu pantai paling populer di Pakistan.

Namun rencana itu berubah menjadi upaya mencegah orang lain terluka oleh jarum suntik bekas, ampul darah, dan limbah medis lainnya yang berserakan di sepanjang garis pantai.

"Respons pertama saya ialah saya harus melindungi orang-orang yang datang ke pantai," kata Shaniera Akram kepada BBC. "Saya kaget sekali."

Baca Juga: Hari Ini Tragedi Pembantaian Atlet di Olimpiade Munich Picu Serangan Balas Dendam Israel yang Keji

Pantai Clifton, di selatan kota Karachi, adalah tempat favorit penduduk setempat. Tapi setelah hujan lebat, empat dari lima kilometer wilayah pantainya diselimuti sampah, termasuk limbah medis berbahaya yang tersembunyi di antara kantong-kantong plastik.

Source : BBC Indonesia

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular