Follow Us

Kamera Andalan Ibu Ani Yudhoyono Ini Ternyata Jadi Favorit Fotografer National Geographic

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 03 Juni 2019 | 16:00
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hadir dalam upacara pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8/2011).
Kompas/Alif Ichwan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hadir dalam upacara pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8/2011).

Fotokita.net - Mendiang Ibu Yudhoyono secara konsisten menjalankan hobi fotografinya. Sebab, ”fotografi telah memberikan saya sebuah alat dahsyat yang membuka cakrawala baru yang mengubah cara saya melihat dunia sekitar saya… fotografi memberi saya banyak keceriaan dan kepuasan…." tulis Ibu Ani Yudhoyono dalam sebuah kesempatan.

Ibu Ani Yudhoyono telah memiliki karya monumental. Pemilik nama lengkap Kristiani Herrawati ini telah meluncurkan buku fotografi yang berisikan foto-foto hasil jepretannya di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2011.

Ketika itu, foto-foto di dalam buku itu diambil dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, selama Ibu Ani mendampingi suaminya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ke hampir semua provinsi di Indonesia dan berbagai negara di lima benua yang menurutnya telah membuka matanya untuk melihat realitas kehidupan yang dihadapi saat ini. Tak ketinggalan, foto keluarga juga menjadi "warna" yang wajib ada di buku ini.

Baca Juga: Fotografer Ini Jadi Sosok Kunci dalam Kelahiran Akun Instagram Pribadi Ibu Ani Yudhoyono

Hobi fotografi mendiang Ibu Ani Yudhoyono.
dok. Grid.id

Hobi fotografi mendiang Ibu Ani Yudhoyono.

Seperti dilansir oleh Republika pada 17 Oktober 2014, Anung Anindito, fotografer keluarga Susilo Bambang Yudhoyono ini berkisah tentang alat fotografi yang dimiliki oleh Ibu Ani Yudhoyono. Ada dua kamera milik Ibu Ani bermerek Sony dan Canon (seri 5D max) yang menjadi senjata andalan.

"Kadang-kadang, Ibu suka pakai kamera kecil (Sony), tapi saya sarankan kamera besar (Canon) agar lebih dapat detil. Kita arahkan kecepatan sekian, Ibu sudah paham," ujar Anung kepada Republika.

Apabila kita telusuri dari keterangan teknis hasil jepretan Ibu Ani lewat akun Instagram pribadinya @aniyudhoyono ternyata mertua dari Annisa Pohan ini sering menggunakan Canon EOS 5D Mark III dalam beberapa kesempatan.

Baca Juga: Deretan Foto Prosesi Pemakaman Jenazah Ibu Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Salah satu foto karya Ani Yudhoyono yang diunggah di akun Instagram pribadinya.
Instagram/aniyudoyono

Salah satu foto karya Ani Yudhoyono yang diunggah di akun Instagram pribadinya.

"Junior officers, recipients of Adi Makayasa (The Highest Honor for Indonesian Military and Police graduates from Academy)," tulis Ani Yudhoyonodi salah satu unggahannya pada 4 Juli 2013.

Selain itu, Ani Yudhoyono juga menyematkan keterangan teknis dari gambar yang ia ambil di Surabaya itu.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest