Follow Us

Foto Ini Buktikan Satwa Laut Terjerat oleh Sampah Plastik di Lautan

Gita Laras Widyaningrum - Jumat, 01 Maret 2019 | 07:33
Ikan ini tewas setelah terjebak dalam sarung tangan plastik.
Roger Millan via New York Post

Ikan ini tewas setelah terjebak dalam sarung tangan plastik.

Fotokita.net – Sampah plastik memang bikin pusing banyak pihak. Jumlahnya yang begitu besar, mungkin mencapai jutaan ton, sampah plastik bikin laut jadi kotor. Akibatnya, satwa laut ikut memakan atau terjerat sampah plastik. Kamera penyelam menangkap bukti itu.

Foto yang beredar di internet menunjukkan bagaimana seekor ikan terjebak di dalam sarung tangan plastik yang membanjiri habitatnya.

Bukti bahaya sampah plastik bagi hewan laut ini diabadikan oleh Roger Millan, instruktur scuba, saat sedang menyelam di dekat Costa Brava, Spanyol.

Roger mengatakan, pesisir pantai sering dibersihkan secara berkala sehingga tanda-tanda pencemaran tidak begitu terlihat dari luar.

Baca Juga : Ingin Hasilkan Foto Keren dari Kamera Hape? Baca Dulu Cara Mudah Ini

“Namun, jika memperhatikan dengan saksama, Anda pasti menemukan potongan-potongan kecil plastik dan cotton bud,” kata Roger.

“Saya pernah melihat hal seperti ini sebelumnya. Ada gurita yang menempel di botol plastik, dibanding bebatuan. Beberapa ikan juga terjerat jaring, tapi saya sempat menyelamatkan mereka,” tambahnya.

Sampah plastik mengapung di lautan
iStockphoto

Sampah plastik mengapung di lautan

Namun sayangnya, ikan Flathead Grey Mullet kecil yang terjebak di sarung tangan plastik ini, tidak bisa diselamatkan dan mati begitu saja.

Baca Juga : Mengapa Kali Ciliwung Kembali Disesaki Sampah? 7 Foto Ini Jadi Bukti

“Ini sangat mengecewakan. Pekerjaan saya bertujuan untuk menunjukkan keindahan bawah laut, namun yang terlihat justru sebaliknya. Meski begitu, akhirnya banyak orang lebih sadar tentang bahaya sampah plastik di laut.

“Saya rasa, pemerintah perlu menerapkan undang-undang yang lebih ketat untuk mencegah pencemaran dengan melarang penggunaan plastik sekali pakai. Edukasi masyarakat juga sangat penting. Banyak orang tidak mengetahui bahaya hal ini,” papar Roger.

Data menunjukkan bahwa 12 juta ton sampah plastik berakhir di laut dunia setiap tahunnya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest