Follow Us

Ingin Hasilkan Foto Keren dari Kamera Hape? Baca Dulu Cara Mudah Ini

Gita Laras Widyaningrum - Jumat, 01 Maret 2019 | 07:27
Memotret dengan hp.
Thinkstock

Memotret dengan hp.

Fotokita.net – Pemakaian hape sebagai alat fotografi kian menjamur. Maklum, hape dipandang sebagai gadget yang lebih ringan, praktis dan mudah dioperasikan. Pengguna tak lagi harus membawa kamera yang besar atau berat saat bepergian.

Dalam workshop “Belajar Teknik Jitu tentang Mobile Photography” yang diselenggarakan Western Digital pada Kamis (20/9/2018), Renaldi Ahmad, traveler dan penggiat mobile photography, membagikan tips dan triknya untuk memaksimalkan kamera hape agar tidak kalah dengan yang profesional.

Baca Juga : Inilah 5 Foto dengan Jumlah Like Terbanyak di Instagram Indonesia 2018

Berikut di antaranya:

Susun daftar destinasi dan objek yang ingin difoto

Pertama-tama, lakukan riset tentang destinasi liburan Anda. Pilih tempat spesifik yang ingin dikunjungi sehingga Anda bisa merancang rencana perjalanan sesuai jadwal dan anggaran.

Barulah setelah menyusun daftar destinasi, Anda bisa mulai membuat daftar objek yang ingin difoto, seperti bangunan bersejarah, festival, atau foto-foto jalanan bebas yang menggambarkan budaya setempat. Daftar ini berfungsi untuk membantu mengelola waktu sehingga memiliki kesempatan untuk memotret banyak objek.

Baca Juga : Jurnalis Foto Ini Rekam Kelakuan Warga Ibu Kota yang Bikin Kita Malu

Terapkan Rule of Thirds untuk komposisi foto yang lebih baik

Faktor komposisi berperan penting dalam membuat foto Anda terlihat lebih menarik. Salah satu metodenya adalah dengan menerapkan Rule of Thirds.

Bagi bingkai foto menjadi 3x3 sehingga Anda memiliki sembilan bagian dengan ukuran yang sama. Ketika Anda hendak mengambil foto, tempatkan objek foto utamanya (orang-orang, bangunan, atau makanan) di persimpangan kisi-kisi atau searah dengan garis pemisah antarkisi.

Source : nationalgeographic.co.id

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest