Baru 8 Bulan Pamer Foto Jadi Kapolsek Sepatan, Ini Profil AKP Oky Bekti yang Ketahuan Pakai Sabu Gegara Ulah Anak Buah

Kamis, 30 Desember 2021 | 08:59
Facebook

Foto kegiatan Kapolsek Sepatan itu sayangnya tidak diunggah satu per satu. Foto AKP Oky Bekti (kanan) dibuat kolase di media sosial Polsek Sepatan.

Fotokita.net - Kapolsek Sepatan AKP Oky Bekti Wibowo mendadak menjadi sorotan publik. Sebab, AkP Oky Bekti yang baru 8 bulan memamerkan foto jadi Kapolsek Sepatan Polres Metro Tangerang Kota harus dicopot. Dia ketahuan pakai sabu gegara anak buah sendiri. Foto AKP Oky Bekti dicari oleh netizen di media sosial.

AKP Oky Bekti Wibowo tentu sebelumnya tak menyangka ulah anak buahnya justru membongkar aibnya yang selama ini coba ditutupi. AKP Oky Bekti yang baru menjabat sebagai Kapolsek Sepatan 8 bulan lalu terbukti sebagai pemakai narkoba jenis sabu yang aktif.

Foto AKP Oky Bekti saat menjadi Kapolsek Sepatan termasuk jarang yang dijumpai oleh netizen di media sosial. Dia rupanya tak memiliki akun media sosial atas namanya sendiri. Sementara itu, Polsek Sepatan yang memiliki akun media sosial lebih banyak membagikan kegiatan anak buah AKP Oky Bekti atau aktivitas petinggi Polri secara umum.

Ketika AKP Oky Bekti mulai menjabat sebagai kepala yang baru, akun media sosial Polsek Sepatan sempat memamerkan foto kegiatan sang pimpinan. Pada Mei lalu, Kapolsek Sepatan yang baru itu memberikan bantuan kepada sejumlah pengurus masjid dan warga tak mampu di wilayah hukumnya.

Foto kegiatan Kapolsek Sepatan itu sayangnya tidak diunggah satu per satu. Namun, foto AKP Oky Bekti dibuat kolase kemudian dipajang sebagai satu unggahan. Akibatnya, foto tampang Kapolsek Sepatan yang kini ketahuan pakai narkoba jenis sabut tidak terlihat dengan jelas.

Baca Juga: Pantas Kapolsek Sepatan Ketahuan Pakai Sabu, Anak Buahnya Nekat Lakukan Ini, Foto Tampang AKP Oky Bekti Bikin Penasaran

Apabila menelusuri akun media sosial Polsek Sepatan, foto AKP Oky Bekti saat kegiatan di wilayah hukumnya tidak banyak yang dibagikan. Selain memberikan bantuan kepada sejumlah pengurus masjid. Kapolsek Sepatan sempat terekam kamera melakukan kegiatan pengamanan pemilihan kepala desa.

Foto Kapolsek Sepatan yang agak sulit untuk ditemui di media sosial tentu mengherankan. Sebab, perwira Polri lainnya justru berlomba menampilkan foto dirinya melakukan sejumlah kegiatan saat memimpin sebuah wilayah hukum. Tentu, foto kegiatan yang dibagikan bertujuan untuk menarik hati dari pimpinan di atasnya.

Sekalipun baru 8 bulan pamer foto jadi Kapolsek Sepatan, kini AKP Oky Bekti jadi sasaran pemberitaan. Kapolsek Sepatan langsung dicopot gegara ketahuan memakai narkoba jenis sabu. Bukan hanya itu, AKP Oky Bekti terancam mendapatkan hukuman maksimal hingga dipecat dari kepolisian.

Profil AKP Oky Bekti Wibowo banyak dicari di mesin pencari. Sekalipun foto tampang Kapolsek Sepatan ini bikin penasaran, namun cerita awal terungkapnya AKP Oky Bekti sebagai pemakai sabu aktif gegara ulah anak buah telah mendorong netizen mencari tahu lebih jauh sosok perwira polisi itu.

Baca Juga: Foto Tampang AKP Oky Bekti Dicari, Kapolsek Sepatan Terbukti Pakai Narkoba Gegara Masalah Sepele Ini

Facebook

Foto kegiatan Kapolsek Sepatan itu sayangnya tidak diunggah satu per satu. Namun, foto AKP Oky Bekti dibuat kolase di media sosial Polsek Sepatan.

Aib AKP Oky Bekti terbongkar bermuladari personel polisi yang bolos saat pengamanan Natal. Dari ulah anak buah Kapolsek Sepatan, polisi mulai menelusuri kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu itu.

"Kasus ini berawal saat pengamanan malam natal di Gereja Santa Maria di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat yang diinstruksikan oleh Kapolres Metro Tangerang Kota. Namun, yang seorang anggota polisi tidak menjalankan tugas itu karena tak ada di tempat," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (29/12/2021),

Saat pengamanan malam Natal itu, Banit Subnit I Unit I Satreskrim Polres Metro Tangerang Kota, Brigadir Roby Cahyadi yang ditugaskan menjaga pos pengamanan di lokasi tersebut diketahui mangkir.

Roby tidak ada di lokasi sebagaimana perintah yang diinstruksikan Kapolres Metro Tangerang Kota. "Dari informasi itu, seorang anggota Polsek Sepatan atas nama Brigadir RC, yang mana yang bersangkutan tidak menjalankan tugas itu. Itu terjadi pada tanggal 24 dan 25 Desember 2021," jelas Zulpan.

Karena hal itu, Unit Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Metro Tangerang Kota mencari keberadaan Brigadir Roby yang tak ditemukan tidak menjalankan tugas pengamanan malam Natal.

Baca Juga: Dipecat! Foto Kompol Yuni Purwanti Tersebar, Ternyata Ini Alasan Suami Mantan Kapolsek Astanaanyar Jarang Tersorot Kamera

Facebook

Foto kegiatan Kapolsek Sepatan itu sayangnya tidak diunggah satu per satu. Namun, foto AKP Oky Bekti dibuat kolase di media sosial Polsek Sepatan.

"Kemudian dilakukan pencarian hingga Brigadir Roby diamankan di sebuah tempat di Kota Tangerang. Kemudian dilakukan pemeriksaan tes urine dan hasilnya positif sabu. Kemudian dilakukan pengembangan, ternyata penggunaan narkotika ini jenis sabu juga libatkan Kapolsek Sepatan yang pada akhirnya hasil test urinenya positif narkoba," tutur Zulpan.

Atas pelanggaran itu, keduanya masih dilakukan pemeriksaan secara intensif oleh Bidang Propam Polda Metro Jaya untuk mengetahui asal sabu tersebut.

"Jadi dua-duanya anggota maupun Kapolsek sudah ditarik ke Polda Metro Jaya dan berstatus posisi non-job. Keduanya dilakukan pemeriksaan dan ditahan karena ada dugaan pelanggaran disiplin kode etik dan pidana umum nantinya," pungkas Zulpan.

AKP Oky Bekti harus dicopot dari jabatannya sebagai Kapolsek Sepatan Polres Metro Tangerang Kota. Ia dimutasi ke Polda Metro Jaya dalam rangka pemeriksaan karena tersandung kasus narkoba.

Baca Juga: Kadung Bikin Kapolsek Tambusai Utara Dicopot, Foto Ibu Muda di Riau Jadi Sorotan, Ngaku Kasusnya Cuma Rekayasa Suami

Facebook

Foto kegiatan Kapolsek Sepatan itu sayangnya tidak diunggah satu per satu. Namun, foto AKP Oky Bekti dibuat kolase di media sosial Polsek Sepatan.

AKP Oky Bekti belum lama menduduki jabatan sebagai Kapolsek Sepatan. Diaresmi menjabat sebagai Kapolsek Sepatan pada 30 April 2021. Saat itu, AKP Oky menggantikan AKP I Gusti Moh Sugiarto.

Pengangkatan Oky tertuang dalam surat telegram yang dikeluarkan Polda Metro Jaya nomor ST/166/IV/KEP./2021 yang ditandatangani Karo SDM Polda Metro Jaya, Kombes Pol Putra Narendra.

Sebelum menjabat Kapolsek Sepatan, Oky menjabat sebagai Panit 1 Unit 5 Subdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Oky kemudian dirotasi sebagai Kapolsek Sepatan untuk menggantikan AKP I Gusti Moh Sugiarto yang dimutasi sebagai Panit 2 Unit 1 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Namun jabatan yang baru hitungan bulan itu harus tercoreng dengan kasus narkoba. Oky dicopot karena diduga menggunakan sabu. Jabatan yang ditinggalkan Oky kini diisi oleh AKP Suyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolsek Karawaci Polres Metro Tangerang Kota.

Baca Juga: Foto Kapolsek Kutalimbaru yang Dicopot Gegara Aib Anak Buah Muncul, Polisi Ungkap Fakta Mengejutkan

Facebook

Foto kegiatan Kapolsek Sepatan itu sayangnya tidak diunggah satu per satu. Namun, foto AKP Oky Bekti dibuat kolase di media sosial Polsek Sepatan.

Pencopotan AKP Oky Bekti Wibowo tertuang dalam surat telegram bernomor ST/588/XII/Kep/2021. Oky dimutasi sebagai perwira pertama di Yanma Polda Metro Jaya dalam rangka pemeriksaan.

"Jadi yang bersangkutan terbukti positif, hari ini sudah dilakukan pencopotan dari jabatan dan dimutasikan ke Polda Metro Jaya. Pencopotan itu dilakukan dalam rangka pemeriksaan," kata Endra Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu (29/12/2021).

Tidak hanya dicopot dari jabatannya, AKP Oky juga ditahan oleh Bidang Propam Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Kemudian yang bersangkutan hari ini juga sudah dilakukan penahanan di Polda Metro Jaya oleh Propam Polda Metro Jaya. Penindakan ini merupakan komitmen Polri untuk menindak tiap anggotanya yang melanggar aturan profesi dan terlibat penggunaan narkoba jenis apapun," kata Zulpan.

Kini, nasi sudah menjadi bubur. Baru 8 bulan pamer foto sebagai Kapolsek Sepatan, AKP Oky Bekti ketahuan sebagai pemakai sabu aktif gegara ulah anak buahnya. Bukan hanya ditahan, AKP Oky Bekti terancam dipecat dari kepolisian.

Baca Juga: Akui Sudah Berbuat Ini, Foto Sidang Mantan Kapolsek Parigi Beredar, Kelakuan Oknum Polisi Mesum di Kamar Hotel Dibongkar

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya