Konten Panggil Arwah Vanessa Angel Jadi Sorotan, UAS Ungkap Fakta Mengejutkan, Foto Sang Ulama Dipuji

Selasa, 09 November 2021 | 11:51
Supir Ustadz

Ustaz Abdul Somad menjelaskan jawaban atas pertanyaan apakah ruh bisa dipanggil. Dari situ netizen memuji foto sang ulama.

Fotokita.net - Konten YouTube panggil arwah Vanessa Angel dan suaminya di lokasi kecelakaan maut jadi sorotan. Sekalipun konten ini sudah dihapus dari kanal YouTube Ki Soleh Pet, namun kecaman terus berdatangan. Terkait hal ini, Ustaz Abdul Somad atau UAS mengungkap fakta mengejutkan. Foto sang ulama dipuji oleh netizen di media sosial.

YouTuber yang mengunggah konten panggil arwah Vanessa Angel dan suaminya menjadi sorotan berbagai pihak. Salah satu Youtuber bernama Agus rupanya memiliki akun Instagram@baks_888. Dia tampil bersama Ki Soleh Pet dalam konten YouTube yang sempat ditonton lebih dari 100 ribu orang itu.

Setelah mendapatkan kecaman kanan kiri, YouTuber itu kemudian menghapus konten tak pantas itu. Namun, kritik terus berdatangan.Pemilik akun YouTube lalu membuat klarifikasi dan minta maaf.

Meskipun begitu, konten panggil arwah Vanessa Angel itu sudah terlanjur melukai perasaan keluarga dan orang-orang terdekat almarhumah.Artis Emma Warokka turut mengecam video 'panggil arwah' tersebut. Menurutnya, pembuat konten tak menghargai kepergian almarhumah Vanessa dan almarhum Febri Ardiansyah.

"Astagfirullah, jahat banget. Itu parah banget, sih. Nggak suka banget aku kayak gitu," kata Emma saat berziarah ke makam Vanessa Angel di Taman Makam Islam Malaka, Pesanggrahan, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (7/11/2021).

Baca Juga: Foto YouTuber Panggil Arwah Vanessa Angel Dihujat, Ustaz Abdul Somad Bicara Begini

YouTube

Foto tampang Ki Soleh Pet sengaha disebarkan Adam Deni di Instagram. Pegiat media sosial geram

Emma Warokka tak mempercayai konten-konten berbau mistis tersebut. Menurut dia, sang pembuat konten telah mencampuri alam gaib.

"Nggak ngertiin banget. Dan aku nggak percaya yang kayak gitu-gitu. Nggak percaya sama sekali. Sok-sokan manggil itu ya yang di video itu? Alamak," ujar dia. "Jangan ikut campur alam gaib, deh," sambungnya.

Emma menilai konten itu tak memiliki empati di tengah situasi duka atas kepergian Vanessa Angel dan Bibi. Terlebih, menurut dia, konten viral tersebut hanya untuk keuntungan pribadi.

"Dan itu buat apa? Buat naikin followers? Buat apa? Buat keuntungan pribadi? Kok jahat banget, ya," kata dia. "Tega banget orang cari duit kayak gitu. Nggak respek," pungkasnya.

Sementara itu, pegiat media sosial Adam Deni menantang YouTuber Bekasi itu. Sahabat dokter Tirta ini begitu geram melihat Agus bersama Ki Soleh Pet mengunggah konten panggil arwah Vanessa Angel di kanal YouTube.

Baca Juga: Foto YouTuber Bekasi yang Bikin Konten Panggil Arwah Vanessa Angel Ditantang Adam Deni, Adik Bibi Andriansyah Ungkap Fakta Mengejutkan

Instagram

Adam Deni lalu mengunggah foto tampang Ki Soleh Pet, YouTuber yang membuat konten panggil arwah Vanessa Angel

Adam Deni lalu mengunggah foto tampang Ki Soleh Pet, YouTuber yang membuat konten panggil arwah Vanessa Angel dan suaminya yang tak pantas itu. Dia kemudian menantang Agus untuk bertemu lantaran sesama warga Bekasi.

Sekalipun Agus dan Ki Soleh Pet sudah meminta maaf, Adam Deni masih belum puas. Katanya, kedua YouTuber itu bisa diproses hukum lantaran berhenti sembarangan di jalan tol hanya untuk membuat konten.

Dalam keterangan foto tampang YouTuber Bekasi dan Ki Soleh Pet, Adam Deni menantang mereka. "Sudah minta maaf & sudah ditakedown. Tetapi menurut saya masalah ini belum selesai. Saya ingin mereka berdua selaku pembuat konten sampah tersebut agar di PROSES SECARA HUKUM!"

Adam Deni kembali melanjutkan, "karena pada dasarnya ada aturan yg tidak memperbolehkan pengendara untuk berhenti sembarangan di jalan tol ketika tidak dalam kondisi darurat. Dan sikap mereka berdua pun saat ini terkesan menantang saya & @wirangbirawa. Orang bekasi kan bro @baks_888 ? Gw bekasi nih, sini kalo mau main2 sama kita :)"

Baca Juga: Foto Tampang Ki Soleh Pet Sengaja Disebarkan Adam Deni, Ini YouTuber yang Dihujat Gegara Konten Panggil Arwah Bikin Manajer Vanessa Angel Histeris

Instagram

Adam Deni lalu mengunggah foto tampang Ki Soleh Pet, YouTuber yang membuat konten panggil arwah Vanessa Angel

Seakan belum puas, sahabat Dokter Tirta ini juga mengunggah identitas teman Ki Soleh Pet itu di Instagram Story miliknya. Terlebih lagi, Adam Deni semakin dibuat geram lantaran Agus dan Ki Soleh Pet seolah menantang para penggugatnya melalui pesan pribadi. "Di medsos minta maaf. Di DM terkesan nantang gelut," tulis Dokter Tirta sembari menandai akun Wirang Birawa dan Adam Deni di Instagram Story miliknya.

Sebelumnya, sahabat Adam Deni, paranormal Wirang Biraawa sudah lebih dulu dibuat geram dengan konten Ki Soleh Pet yang diberi judul"Nekat! Panggil arwah Vanessa Angel di tempat kecelakaan."

“Kalau lo mau unjuk gigi ya nantilah jangan saat ini, gw jamin 1.000.000 % Bulshit.....beneran gw bisa ngamuk kalau lo konten soal ngomong sama arwah,” tulis konsultan spiritual Wirang Birawa di Instagram miliknya, @wirangbirawa.

Wirang Birawa menyayangkan kelakuan Youtuber tersebut karena menyajikan konten yang tidak seharusnya dibuat untuk menaikkan jumlah pengikut di saat keluarga korban masih berduka.

"Jangan gitu amat lah kalau cari followers, beneran gw senyum sambil ngakak, sini buktikan soal makhluk astral di gw kalau lo bisa ngomong sama arwah, belasan tahun gw meneliti soal makhluk astral belum ada yang bisa ngomong sama arwah, bae bae itu beneran apa edukasi sampah, banyak yang ngaku kesurupan bae bae itu PENYAKIT SIKIS Jadi gak perlu lah ngonten disaat orang masih berduka Jhon," sambung tulisan yang diunggah dalam bentuk foto tersebut.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Pergi ke Makam Malam-malam, Foto Duka UAS Bikin Netizen Menangis: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun

Konten YouTube panggil arwah mendiang Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Andriansyah jadi sorotan netizen, Ustaz Abdul Somad mengungkap fakta mengjutkan. UAS, sapaan akrab sang ulama, menjelaskan jawaban atas pertanyaan apakah ruh bisa dipanggil.

Ustaz Abdul Somad bicara begini perihal konten panggil arwah Vanessa Angel yang dikecam sana-sini. Ustaz Abdul Somad menjelaskannya melalui akun Instagram pribadinya pada Senin (8/11/2021).

Dalam penejelasan itu, Ustaz Abdul Somad mengambil judul yang menggoda, "Roh Bisa Dipanggil, masak sih!?" Gaya penjelasan sang ulama seperti biasanya, lugas dan memakai contoh dalam kehidupan sehari-hari.

"Manusia terdiri dari fisik dan metafisik, atau selalu disebut zhohir dan batin. Orang Indonesia mengakui itu dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya: bangunlah jiwanya, bangunlah badannya. Orang bule yang katanya tidak percaya alam ghaib pun ketika saat terdesak mereka teriak, "SOS" (safe our soul)."

"Yang fisik disebut badan atau jasad. Yang non fisik disebut ruh. Ruh ditiupkan ke dalam badan ketika usia badan 120 hari dalam kandungan. Detailnya: 40 hari dalam bentuk nuthfah (sperma), 40 hari dalam bentuk 'alaqah (darah), 40 hari dalam bentuk mudhghah (segumpal daging)."

Baca Juga: Dikira Sudah di Surga, Ulama Idola Ustaz Abdul Somad Jadi Saksi Kamar Mewah Pangeran Cendana di LP Cipinang

Supir Ustadz

Ustaz Abdul Somad menjelaskan jawaban atas pertanyaan apakah ruh bisa dipanggil. Dari situ netizen memuji foto sang ulama.

"Lalu Allah mengirim malaikat meniupkan ruh ke dalam badan di dalam rahim. Demikian dalam hadits shohih dalam kitab Shahih Imam al-Bukhari dan Muslim.

Masa ruh di dalam badan disebut ajal (limit waktu). Kalau ajalnya tiba, tidak bisa dipercepat atau ditunda. (Surat al-A'raf 34).

Malaikat maut mencabut ruh dari badan untuk kembali menghadap Allah. (Surat as-sajdah 11).

Ruh itu dalam kuasa Allah, saat mati maupun tidur. Ada ruh yang ditahan Allah, lalu orang itu mati. Ada ruh yang dikembalikan Allah ke jasad, lalu org itu hidup. (Surat Az-zumar 42).

Ketika orang mati, ruhnya dibawa malaikat ke sama' (alam yang tinggi dan mulia). Ada masanya ruh itu dikirim ke jasad sesaat untuk merasakan azab atau nikmat kubur. (Hadits diriwayatkan Imam Ahmad dalam kitab al-Musnad)."

Baca Juga:Masya Allah! Ustaz Abdul Somad Bersimpuh di Sisi Makam, Netizen Panjatkan Doa di Foto UAS

Instagram

Ki Soleh Pet yang membuat konten panggil arwah Vanessa Angel telah melukai perasaan keluarga. Ustaz Abdul Somad angkat bicara.

Ruh orang-orang baik di 'Illiyyin, ruh orang-orang tidak baik di Sijjin. (Kitab ar-Ruh, karya Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah). Tidak ada ruh gentayangan, ruh tidak bisa dipanggil untuk datang lalu masuk ke tubuh manusia lain atau ke masuk tubuh hewan.

Kalau abdul somad mati, lalu ada tetangganya yang kerasukan, lalu ngomong: "Aku adalah abdul somad. Ceramah di Makasar tanggal 8 november 2021. Naik pesawat dari Jakarta jam 11, kursi 1F", dengan suara persis seperti suara UAS. Maka itu bukan ruh Uas. Itu adalah jin qarin, satu jin yang ikut mendampingi setiap manusia. Jin itu menggoda manusia. Jin yang jahat disebut syaithan atau setan. Suatu ketika Aisyah cemburu. Rasulullah Saw bersabda, "Setan menggodamu".

Penjelasan Ustaz Abdul Somad membuat gembira netizen. Foto sang ulama mendapat pujian dari netizen. Mereka merasa tercerahkan dengan tanggapan dari sang ulama. Akun @frienza_31993, "Banyak bngt ustad yg pd manggil2 roh & di jadikan konten & berkedok ustad tp aslinya dukun."

Lalu, ada akun @risma.dist_primasosis yang berkomentar, "Masya Alloh ,jazakalloh ustadz penjelasannya????."

Akun @mas_taufik.reborn malah mengusulkan ini, "Ustadz dibuat buku video ringkas tafsir surah alfatihah di youtube hai gays official." Begitu pula dengan akun @ayepsptr_, "Buat penjelasan dg video aja ustadz,biar lebih mengerti."

Baca Juga:Cium Tangan Saat Terakhir Kali Berjumpa, Kini Ustaz Abdul Somad Belai Pusara Ulama Kondang di Hari Ulang Tahunnya, Foto UAS Banjir Doa

Instagram

Ki Soleh Pet yang membuat konten panggil arwah Vanessa Angel telah melukai perasaan keluarga. Ustaz Abdul Somad angkat bicara.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya