Foto YouTuber Bekasi yang Bikin Konten Panggil Arwah Vanessa Angel Ditantang Adam Deni, Adik Bibi Andriansyah Ungkap Fakta Mengejutkan

Senin, 08 November 2021 | 13:13
YouTube

Foto tampang Ki Soleh Pet sengaha disebarkan Adam Deni di Instagram. Pegiat media sosial geram

Fotokita.net - Foto YouTuber Bekasi yang bernama Agus atau Baks_888 yang menemani Ki Soleh Pet membikin konten panggil arwah Vanessa Angel ditantang Adam Deni di media sosial. Adik Bibi Andriansyah, Faisal Fadli ungkap fakta mengejutkan.

Adam Deni menantang YouTuber Bekasi bernama Agus yang memiliki akun Instagram @baks_888. Pegiat media sosial ini begitu geram melihat Agus bersama Ki Soleh Pet mengunggah konten panggil arwah Vanessa Angel di kanal YouTube.

Adam Deni lalu mengunggah foto tampang Ki Soleh Pet, YouTuber yang membuat konten panggil arwah Vanessa Angel dan suaminya yang tak pantas itu. Dia kemudian menantang Agus untuk bertemu lantaran sesama warga Bekasi.

Sekalipun Agus dan Ki Soleh Pet sudah meminta maaf, Adam Deni masih belum puas. Katanya, kedua YouTuber itu bisa diproses hukum lantaran berhenti sembarangan di jalan tol hanya untuk membuat konten.

Dalam keterangan foto tampang YouTuber Bekasi dan Ki Soleh Pet, Adam Deni menantang mereka. "Sudah minta maaf & sudah ditakedown. Tetapi menurut saya masalah ini belum selesai. Saya ingin mereka berdua selaku pembuat konten sampah tersebut agar di PROSES SECARA HUKUM!"

Baca Juga: Foto Tampang Ki Soleh Pet Sengaja Disebarkan Adam Deni, Ini YouTuber yang Dihujat Gegara Konten Panggil Arwah Bikin Manajer Vanessa Angel Histeris

Adam Deni kembali melanjutkan, "karena pada dasarnya ada aturan yg tidak memperbolehkan pengendara untuk berhenti sembarangan di jalan tol ketika tidak dalam kondisi darurat. Dan sikap mereka berdua pun saat ini terkesan menantang saya & @wirangbirawa. Orang bekasi kan bro @baks_888 ? Gw bekasi nih, sini kalo mau main2 sama kita :)"

Seakan belum puas, sahabat Dokter Tirta ini juga mengunggah identitas teman Ki Soleh Pet itu di Instagram Story miliknya. Terlebih lagi, Adam Deni semakin dibuat geram lantaran Agus dan Ki Soleh Pet seolah menantang para penggugatnya melalui pesan pribadi. "Di medsos minta maaf. Di DM terkesan nantang gelut," tulis Dokter Tirta sembari menandai akun Wirang Birawa dan Adam Deni di Instagram Story miliknya.

Sebelumnya, sahabat Adam Deni, paranormal Wirang Biraawa sudah lebih dulu dibuat geram dengan konten Ki Soleh Pet yang diberi judul"Nekat! Panggil arwah Vanessa Angel di tempat kecelakaan."

“Kalau lo mau unjuk gigi ya nantilah jangan saat ini, gw jamin 1.000.000 % Bulshit.....beneran gw bisa ngamuk kalau lo konten soal ngomong sama arwah,” tulis konsultan spiritual Wirang Birawa di Instagram miliknya, @wirangbirawa.

Baca Juga: Foto Kecelakaan Vanessa Angel Bikin Trauma, Warga Terkejut Lihat Kelakuan Tubagus Joddy Usai Nyawa Bosnya Melayang

Instagram

Adam Deni lalu mengunggah foto tampang Ki Soleh Pet, YouTuber yang membuat konten panggil arwah Vanessa Angel

Wirang Birawa menyayangkan kelakuan Youtuber tersebut karena menyajikan konten yang tidak seharusnya dibuat untuk menaikkan jumlah pengikut di saat keluarga korban masih berduka.

"Jangan gitu amat lah kalau cari followers, beneran gw senyum sambil ngakak, sini buktikan soal makhluk astral di gw kalau lo bisa ngomong sama arwah, belasan tahun gw meneliti soal makhluk astral belum ada yang bisa ngomong sama arwah, bae bae itu beneran apa edukasi sampah, banyak yang ngaku kesurupan bae bae itu PENYAKIT SIKIS Jadi gak perlu lah ngonten disaat orang masih berduka Jhon," sambung tulisan yang diunggah dalam bentuk foto tersebut.

YouTuber pembuat konten 'memanggil arwah' Vanessa Angel menjadi sorotan. YouTuber itu mendapat kecaman sana-sini akibat konten yang dibuat. Konten 'memanggil arwah' Vanessa Angel itu diunggah oleh sebuah akun YouTube, tapi kini konten itu sudah dihapus. Pemilik akun YouTube lalu membuat klarifikasi dan minta maaf.

Konten ini melukai hati sahabat-sahabat almarhumah Vanessa Angel. Aktris Emma Warokka turut mengecam video 'panggil arwah' tersebut. Menurutnya, pembuat konten tak menghargai kepergian almarhumah Vanessa dan almarhum Febri Ardiansyah.

"Astagfirullah, jahat banget. Itu parah banget, sih. Nggak suka banget aku kayak gitu," kata Emma saat berziarah ke makam Vanessa Angel di Taman Makam Islam Malaka, Pesanggrahan, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (7/11/2021).

Baca Juga: Crazy Rich Surabaya Ngamuk, Foto Tom Liwafa Berkata Kasar Jadi Sorotan, Ernest Prakarsa Akhirnya Minta Maaf

Instagram

Adam Deni lalu mengunggah foto tampang Ki Soleh Pet, YouTuber yang membuat konten panggil arwah Vanessa Angel

Ia tak mempercayai konten-konten berbau mistis tersebut. Menurut dia, sang pembuat konten telah mencampuri alam gaib.

"Nggak ngertiin banget. Dan aku nggak percaya yang kayak gitu-gitu. Nggak percaya sama sekali. Sok-sokan manggil itu ya yang di video itu? Alamak," ujar dia. "Jangan ikut campur alam gaib, deh," sambungnya.

Emma menilai konten itu tak memiliki empati di tengah situasi duka atas kepergian Vanessa Angel dan Bibi. Terlebih, menurut dia, konten viral tersebut hanya untuk keuntungan pribadi.

"Dan itu buat apa? Buat naikin followers? Buat apa? Buat keuntungan pribadi? Kok jahat banget, ya," kata dia. "Tega banget orang cari duit kayak gitu. Nggak respek," pungkasnya.

Kuasa hukum Vanessa, Milano Lubis, juga mengecam pembuat konten video 'panggil arwah' tersebut. Ia menilai konten mistis yang mengaitkan almarhumah Vanessa itu tak dapat dipercaya.

Baca Juga: Foto Indigo yang Terawang Umur Suami Vanessa Angel Pendek Ramai Dibahas, Ternyata Sosoknya Sebut Ariel Noah Bertekuk Lutut Pada Wanita yang Tak Terduga Ini

"Saya juga mengecam itu. Nggak benar itu. Janganlah yang kayak gitu-gitu," ujar Milano di Taman Makam Islam Malaka, Jaksel.

Bagi Milano, almarhumah Vanessa dan suami sudah pergi ke pangkuan Sang Mahakuasa dengan tenang. "Mereka udah tenang kok di sana ya. Kita doain aja yang terbaiklah. Yang penting Gala gimana ke depannya," tandas dia.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyayangkan adanya Youtuber yang membuat konten tersebut.

"Terkait adanya konten YouTuber yang melakukan pemanggilan arwah atas almarhumah Vanessa Angel, sungguh saya sangat menyayangkan dan menyesalkan masih ada orang-orang yang membicarakan saudaranya yang telah meninggal," kata Wasekjen MUI, Muhammad Ziyad, kepada wartawan, Minggu (7/11/2021).

Ziyad lantas menyebut hadis yang melarang setiap orang mencela mayat atau orang yang sudah meninggal. Dia mengatakan apa yang dilakukan YouTuber itu perbuatan tercela dan dilarang oleh agama.

Baca Juga: Foto Polisi Olah TKP Ungkap Fakta Kecelakaan Vanessa Angel, Polda Jatim Turunkan Tim Khusus, HP Tubagus Joddy Jadi Sorotan

"Sungguh apa yang dilakukan oleh siapa pun, yang membuat konten memanggil arwah, apa tujuannya, dan apa maksudnya. Nabi SAW mengatakan janganlah mencela mayit, karena mereka telah pergi untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah mereka perbuat, hadis ini sudah diceritakan secara jelas, kalau membicarakan orang meninggal itu tidak diperbolehkan. Hendaklah kita membicarakan yg baik baik saja, itu adalah bagian cara kita ber-husnuzon," ujarnya.

Ziyad meminta setiap orang harus menunjukkan sikap empati kepada keluarga yang berduka. Menurutnya, sudah menjadi tugas pokok orang yang masih hidup mendoakan orang yang telah meninggal.

"Saya sangat menyayangkan ada pihak yang melakukan kegiatan memanggil arwah, untuk apa, biarlah saudara-saudara kita itu mempertanggungjawabkan perbuatannya yang pernah dilakukan semasa hidupnya kepada Allah, tugas kita yang masih hidup adalah mendoakan, itulah salah satu dari tugas pokok kita," ujarnya.

"Marilah kita menunjukkan simpati dan empati kepada keluarga korban. Jangan melakukan hal-hal yang tidak baik karena itu perbuatan yang dicela oleh Allah," lanjut Ziyad.

"Ini yang disebut dengan opportunism (perilaku opportunistik) yaitu kemampuan untuk mengeksploitasi suatu peristiwa atau situasi tanpa memikirkan konsekuensi yang ditimbulkan kepada orang lain," ujar Psikolog Tiara Puspita, M.Psi kepada detikcom, Minggu (7/11/2021).

Baca Juga: Foto Makam Bibi Andriansyah Masih Tampak Basah, Satpam Rumah Vanessa Angel Ungkap Fakta Mengejutkan Soal Kebiasaan Nyetir Tubagus Joddy

Instagram

Foto kenangan mendiang Bibi Andriansyah dan kedua adiknya, Fujianti dan Fadly Faisal.

Lalu mengapa si pembuat konten bisa setega itu terhadap Vanessa Angel dan keluarganya? Tiara menjelaskan bahwa hal itu karena semata-mata didorong oleh keuntungan pribadi semata.

"Bagaimana bisa 'setega' itu? Biasanya hal ini didorong oleh motif untuk memperoleh keuntungan pribadi, jadi tidak ada empati atau tidak ada upaya untuk menempatkan dirinya di pihak yang dieksploitasi. Biasanya orang yang opportunistik bertindak dan berpikir atas keuntungan pribadinya saja, tanpa memikirkan orang lain," ujarnya.

Orang dengan opportunism ini menurut Tiara sukar untuk mengenal batas perilaku. Orang opportunism biasanya hanya bertindak pada kesenangannya.

"Orang yang mampu melakukan hal seperti ini biasanya juga memiliki kesulitan untuk mengetahui batasan perilaku yang tepat, layak atau tidak layak, merugikan atau tidak merugikan orang lain, dan hanya bertindak atas self-interestnya saja," tuturnya.

Tiara mengimbau masyarakat agar tidak memberi panggung kepada orang seperti itu. Dia juga meminta agar si pembuat konten berintropeksi lagi.

"Untuk masyarakat, jangan memberikan panggung atau atensi pada orang-orang yang gemar mengeksploitasi suatu peristiwa atau musibah yang terjadi pada orang lain karena reaksi seperti inilah yang justru dicari oleh pelaku. Untuk para pembuat konten, sebaiknya sebelum bertindak atau membuat konten, kita perlu memikirkan dampak perilaku kita terhadap orang lain dan masyarakat. Jangan sampai akhirnya demi konten viral sesaat kita mengabaikan moral dan empati kita terhadap orang lain," ungkapnya.

Baca Juga: Foto Terakhir Vanessa Angel Bikin Ussy Sulistiawaty Histeris, Ini Alasan Jenazah Ibunda Gala Sky Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Pasangan Abadinya

Sementara itu, adik Bibi Andriansyah, Fadli Faisol mengungkapkan fakta mengejutkan terkait konten ''memanggil arwah' Vanessa Angel dan suaminya.

"Ngapain bikin konten kayak gitu, tidak jelas menurut saya," kata Fadli Faisol, adik kandung Febri Andriansyah (Bibi) kepada wartawan di RS Bhayangkara Polda Jatim, Minggu (7/11/2021) malam.

Fadli tidak ambil pusing dengan adanya konten tersebut. Lagi pula, Fadli juga tidak percaya dengan konten-konten memanggil arwah, terlebih terkait Vanessa Angel dan kakaknya yang baru saja mengalami musibah.

"Saya tidak percaya gitu-gituan. Itu di luar kapasitas saya, saya ga percaya gitu-gituan, terserah mereka-lah," tambahnya.

Baca Juga: Foto Tubagus Joddy Disebut Banyak Gaya, Mertua Vanessa Angel Serahkan Sopir Maut ke Polisi, Pengacara Kondang Ini Turun Gunung Demi Keadilan

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya