Foto McDanny Digeruduk Gegara Hina Habib Rizieq, Guru Lawak Tukul Arwana Sentil Komika Tanah Air: Pada Bandel Nggak Bisa Dibilangin

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:42
Instagram

Nyaris seluruh komentar netizen menyerang McDanny dan menanyakan alasan sang komika menghina Habib Rizieq Shihab.

Fotokita.net - Foto McDanny digeruduk netizen gegara menghina Habib Rizieq Shihab lewat video kontroversial. Guru lawak Tukul Arwana ternyata sudah pernah menyentil komika Tanah Air. "Pada bandel nggak bisa dibilangin."

Foto komika McDanny menjadi sorotan netizen Tanah Air usai video penghinaan terhadap Habib Rizieq Shihab viral di media sosial.

Begitu video penghinaan terhadap Habib Rizieq ramai menjadi perbincangan, netizen langsung menggeruduk Instagram McDanny, yang sebetulnya belum terlalu banyak memiliki jumlah pengikut dibandingkan komika papan atas lainnya.

Sudah bisa ditebak, foto McDanny yang awalnya adem ayem mendadak gaduh. Nyaris seluruh komentar netizen menyerang McDanny dan mempertanyakan alasan sang komika menghina mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu.

"Salah apa HRS pada anda??" tulis @tria_minoru di kolom komentar foto McDanny seperti dikutip Fotokita.net. "Lisan lu tolong dijaga bos," pesan @b33wise_.3. Ada pula netizen yang mengingatkan McDanny agar mencari uang dengan cara seperti itu.

Baca Juga: Foto Mantan Panglima FPI Bareng Tommy Soeharto Muncul, Ini Alasan Tangan Kanan Habib Rizieq Lolos dari Kasus Penganiayaan Muhammad Kece

Kasus ini bermula saat McDanny tampil di salah satu acara. Ia awalnya melempar guyon dengan membandingkan alkohol dengan sabu. Ia lantas menyinggung perempuan berhijab yang hadir di sana sampai mengucapkan kata tak senonoh terhadap Rizieq Shihab.

"Sorry, sorry, baru minum bir di roots mah halal, lebih halal dari sabu," kata McDanny dalam video yang viral sejak Minggu (17/10/2021).

"Dan thank you banget untuk cewek-cewek yang berkerudung di sini, tapi elu asyik banget, kita ketemu di neraka," lanjutnya seraya diiringi entakan musik. Setelah itu, lelaki yang mengawali karier dari acara Stand Up Comedy itu diduga menghina Habib Rizieq Shihab dengan celotehan kasar.

“Ha ha ha, fu** Habib Rizieq,” ucap McDanny, lantas bergoyang.

Video McDanny itu viral dan mendapat kecaman dari netizen. Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab bahkan telah bersiap untuk melaporkan McDanny kepada polisi.

Baca Juga: Innalillahi, Habib Rizieq Shihab Kehilangan Sosok yang Pernah Membelanya, Ini Profil Almarhum

Instagram

Nyaris seluruh komentar netizen menyerang McDanny dan menanyakan alasan sang komika menghina Habib Rizieq Shihab.

Sahabat Habib Rizieq Shihab, Novel Bamukmin sebelumnya menduga McDanny sudah terpapar komunisme. Sebab, kata dia, orang semacam McDanny kerjaannya hanya menghina ulama.

"Saya melihat orang orang seperti ini diduga kuat sudah terpapar komunisme gaya baru yang memang salah satu kerjaannya hanya menghina ulama," katanya.

Dia menilai cara-cara McDanny itu telah mengadu domba dan membuat Indonesia gaduh. Novel berharap polisi bertindak.

Kini, McDanny mengeluarkan pernyataan maaf secara terbuka atas perbuatannya itu.Video permintaan maaf McDanny diunggah si komika di akun Instagram-nya seperti dilihat Selasa (19/10/2021). McDanny beristigfar, mengucap syahadat, istigfar lagi, lalu menyampaikan permohonan maafnya.

"Saya McDanny ingin mengucapkan maaf sebesar-besarnya kepada umat muslim, seluruh umat muslim, kepada ormas-ormas Islam terutama kepada para ulama, para habaib, dan keluarga besar Habib Rizieq karena atas apa yang saya katakan, saya ucapkan, tidak pantas untuk saya katakan," kata McDanny.

Baca Juga: Unggah Foto Bareng, Ini Sosok Sahabat Deddy Corbuzier yang Disebut Terlibat Penembakan 6 Laskar FPI

Instagram

Nyaris seluruh komentar netizen menyerang McDanny dan menanyakan alasan sang komika menghina Habib Rizieq Shihab.

McDanny mengaku sadar permintaan maafnya ini tidak cukup. Dia menyebut belum sempurna sebagai muslim. "Dan... kata maaf pun sepertinya tak pantas keluar dari mulut saya, tapi saya masih jauh dari kesempurnaan sebagai orang Islam, sebagai muslim," katanya dengan suara lirih dan bergetar.

Sekali lagi McDanny meminta maaf karena telah menyakiti banyak pihak. "Saya hanya ingin minta maaf, minta maaf yang besar sebesar-besarnya karena telah menyakiti semuanya, termasuk keluarga saya, teman-teman saya," imbuhnya.

Lebih jauh McDanny menyampaikan harapan bisa bertemu dengan keluarga Habib Rizieq untuk meminta maaf secara langsung. Dia mengaku lupa diri saat berada di panggung.

"Dan untuk keluarga Habib Rizieq, saya berharap bisa bertemu dengan mereka, meminta maaf secara langsung. Sekali lagi saya minta maaf sebesar-besarnya. Saya lupa diri, saya euforia, euforia di panggung. Maafkan saya, maafkan saya, maafkan saya," ujar McDanny.

Arie Untung menyayangkan ucapan McDanny yang diduga mengina Habib Rizieq. Meski begitu, kasus yang menyakiti sejumlah umat muslim ini tak membuat suami Fenita Arie menyerang sang komika.

Baca Juga: Buka Masker Saat Foto Bersama, Habib Rizieq Bakal Jalani Kegiatan Ini Usai Bebas dari Penjara

Instagram

Nyaris seluruh komentar netizen menyerang McDanny dan menanyakan alasan sang komika menghina Habib Rizieq Shihab.

Alih-alih mengkritik, Arie Untung justru mengungkap sisi lain dari McDanny. Presenter Gong Show ini menyebut, komika 41 tahun itu merupakan sosok taat agama walaupun berada dalam kondisi sibuk bekerja.

"Selama aku kenal suting bareng aku tau McDanny orangnya baik-baik saja, kalau syuting sering solat bareng," kata Arie Untung di Instagram, Selasa (17/10/2021).

Fakta lain terungkap bahwa McDanny yang pernah dipenjara karena kasus narkoba itu, kerap mempelajari Al Quran selama ditahan. "Sudah mulai ngaji selama masih di lapas," tutur Arie Untung.

Melalui postingannya itu pula, Arie Untung mengunggah video permintaan maaf McDanny. Aktor 41 tahun itu menyesali perbuatan yang menyakiti banyak orang.

"Minta maaf yang sebesar-besarnya karena telah menyakiti semuanya. Untuk keluarga Habib Rizieq, saya berharap bisa bertemu dan minta maaf secara langsung," kata bintang film This Is Cinta ini. "Apa yang saya ucapkan tidak pantas untuk saya katakan," imbuhnya.

Baca Juga: Habib Rizieq Sebut Staf Khusus Jokowi Terlibat Penembakan 6 Laskar FPI, Sunan Kalijaga Buru-buru Minta Rahasiakan Hal Ini

Pelopor stand up comedy Indonesia yang juga guru lawak Tukul Arwana, Ramon Papana Tommy Bens, sudah pernah menyentil komika Tanah Air. Dia melayangkan kritikan terhadap komika. Penyebabnya, sejumlah komika Tanah Air dianggapnya suka membicarakan hal-hal jorok ketika perform.

"Saya agak menjaga jarak dengan komika sekarang, kenapa? Saya enggak suka mereka ngomong jorok, menista orang, menista agama. Beberapa peristiwa kan diantaranya (penyebabnya) murid-murid saya. Apalagi sekarang kan ada UU ITE, sedikit saja mereka salah ngomong bisa masuk sel lho. Tapi mereka pada bandel enggak bisa dibilangin," ungkap Ramon Papana saat ditemui di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/20219).

Tak ingin komika Indonesia jadi liar dengan membicarakan hal-hal sensitif yang malah berujung kontraproduktif, Ramon Papana berusaha membenahi dunia stand up comedy dengan membetulkan dapurnya.

"Akhirnya saya, mungkin kita harus tertibkan dari dapurnya, dari open mic. Saya izinkan mereka bikin open mic di seluruh Indonesia dimanapun, di sekolahan, di kafe, gratis asal mereka berjanji tidak ngomong jorok, tidak politik, tidak SARA dan jadi benar-benar komedi," papar Ramon Papana yang merupakan pemilik hak paten open mic.

Sejumlah komika Tanah Air memang sempat berurusan dengan masalah hukum akibat lawakannya. Salah satunya adalah Ge Pamungkas yang dilaporkan ke Bareskrim Polri atas tuduhan penistaan agama, pada Kamis, 11 Januari 2018 silam.

Baca Juga: Pemerintah Gagal Berangkatkan Jamaah Haji 2021, Habib Rizieq Diminta Turun Gunung

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya