Kerap Bagi-bagi Akun Game Gratis, Ini Motif 2 Remaja Retas Situs Setkab, Foto Tampangnya Masih Misteri

Minggu, 08 Agustus 2021 | 13:16
Panda Security

2 remaja peretas situs Setkab kerap beraksi hingga bagi-bagi akun game gratis. Foto tampangnya masih misteri.

Fotokita.net - Ini motif 2 remaja meretas situs Sekretariat Kabinet (Setkab). Keduanya kerap beraksi meretas berbagai situs hingga bagi-bagi akun game gratis. Foto tampangnya masih misteri.

Situs setkab.go.id sempat diretasdengan tampilan layar hitam dan foto yang menampilkan demonstran membawa bendera merah putih pada Sabtu (30/7/2021) lalu.

Dalam foto itu, terdapat keterangan Padang Blackhat ll Anon Illusion Team Pwned By Zyy Ft Luthfifake.

Tak lama setelah itu, situs Setkab langsung dibekukan pada Minggu (1/8/2021).

Situs Setkab telah kembali normal tak lama setelah dilakukan perbaikan.Namun, Polri tetap memburu pelaku yang telah melakukan peretasan itu.

Kini, pelaku yang meretas situs Setkab sudah ditangkapBareskrim Polri.

Baca Juga: Benar-benar Bikin Ngakak, Ini 7 Foto Kocak Kucing Liar Saat PPKM Level 4, Imun Auto Naik

Kabar mengenai penangkapan peretas situs Setkab ini sebelumnya dikonfirmasi oleh Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

"Sudah ditangkap," ujar Agus, Sabtu (7/8/2021).

Rupanya pelaku yang meretas situs Setkab yang ditangkap masih berusia remaja. Pelaku ditangkap pasca aksi nekatnya mengubah tampilan halaman situs Setkab.

"Pelakunya remaja," kata Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto saat dikonfirmasi, Minggu (8/8/2021)

Namun, dia enggan membeberkan lebih lanjut terkait jumlah remaja yang dicokok kepolisian atas peretasan tersebut. Termasuk, motif pelaku meretas situs Setkab.

Yang jelas, pelaku telah ditangkap kepolisian pada Jumat (6/8/2021) kemarin. Kasus tersebut akan diekspose secara terbuka pada Senin (9/8/2021) besok."Senin nanti saya minta Dirtipid Siber untuk ekspose," ujarnya.

Baca Juga: 7 Foto Bikini Bola Voli Wanita di Olimpiade yang Bikin Fans Mamah Dedeh Protes, KPI Buka Suara

Dok.

2 remaja peretas situs Setkab kerap beraksi hingga bagi-bagi akun game gratis. Foto tampangnya masih misteri.

Dari berbagai informasi, kedua remaja berinisial BS (18) alias Zyy dan MLA (17) alias Lutfifakee itu mencari untung lewat penjualan script backdoor dari situs yang menjadi target. Bahkan pelaku BS diketahui telah meretas website dalam negeri ataupun luar negeri sebanyak 650 website.

Kasus tersebut bermula ketika tersangka MLA meretas situs Setkab dengan cara injeksi backdoor. Setelah itu, MLA menghubungi tersangka BS untuk melakukan defacing terhadap situs Setkab.

Itu dilakukan dengan cara mengubah tampilan situs dengan tidak semestinya. Alhasil, situs Setkab itu tidak dapat diakses dan bertuliskan PWNED BY ZYY FEAT LUTFIFAKE.

Kasus itu kemudian dilaporkan ke polisi. Tim Siber Bareskrim bersama Polda Sumbar kemudian menangkap pelaku berinisial BS di Nanggalo, Padang, Sumatera Barat, Kamis (5/8/2021). Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti berupa laptop dan ponsel.

Selanjutnya, polisi menangkap pelaku berinisial MLA di Sungai Rumbai, Dharmasraya, Sumatera Barat, Jumat (6/8/2021). Polisi turut menyita dua ponsel dan satu laptop sebagai barang bukti.

Baca Juga: Jadi Syarat Kegiatan Publik, Ini Cara Cek Serta Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi.id

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat Pasal 46 ayat (1) ayat (2) dan ayat (3) Jo Pasal 30 ayat (1) ayat (2) ayat (3), Pasal 48 ayat (1) Jo Pasal 32 ayat (1), Pasal 49 Jo Pasal 33 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Tim penyidik siber Polri menerapkan prinsip penegakan hukum dalam konsep Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (Presisi) dalam perkara ini. Penyidik tengah mempertimbangkan untuk tidak menahan tersangka karena salah satunya di bawah umur.

Apabila ditelusuri di media sosial, 2 remaja peretas situs Setkab itu memiliki dua akun Instagram. Akun pertama bernama @padangblackhat.id dan kedua @anonillusion.

Melalui akun pertama, 2 remaja itu kerap bagi-bagi akun game Free Fire (FF) dan Mobile Legend (ML) yang berisi modal bermain tanpa batas.

Namun, karena jumlah pengikut akun @padangblackhat.id itu cuma 614 follower, maka bagi-bagi akun FF dan ML itu kurang mendapat respon dari netizen.

Baca Juga: Jadi Kebiasaan Hari Raya, Balon Udara Meledak Hingga Hancurkan Rumah, Ini Foto Tampang Pelakunya

Meski sudah ditangkap, foto tampang 2 remaja peretas situs Setkab masih misteri. Sebab, Polri enggan membuka identitas 2 remaja itu secara gamblang.

Kabareskrim Polri Komjen Polisi Agus Andrianto mengemukakan bahwa pelaku sudah diamankan pada Jumat 6 Agustus 2021 tanpa ada perlawanan dari pelaku di rumahnya.

Kendati pelaku sudah diamankan, Agus enggan membeberkan identitas pelaku peretasan situs resmi setkab yang terjadi pada Sabtu 31 Juli 2021 sekitar pukul 09.00 WIB tersebut.

"Pelaku sudah ditangkap, identitasnya nanti akan disampaikan Dir Tipidiber Bareskrim Polri besok ya," tuturnya saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (8/8/2021).

Baca Juga: Peci Tamu Hajatan Nyaris Terbang, Helikopter Mendarat Dekat Acara Pernikahan Terekam Kamera Foto, Netizen Malah Ngakak

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya