Satu Indonesia Tertipu, Angelina Sondakh Bebas Pada Tahun Ini, Begini Faktanya

Sabtu, 19 Juni 2021 | 10:16
Istimewa

Angelina Sondakh dikabarkan bebas dari penjara. Ternyata begini fakta sebenarnya.

Fotokita.net - Artis sekaligus politisi Angelina Sondakh dikabarkan bebas dari penjara. Ternyata begini fakta sebenarnya.

Angelina Sondakh resmi ditahan KPK sejak 2012 dan hingga kini masih menjalani hukuman.

Angelina Sondakh terbukti menerima suap sebesar Rp 2,5 miliar dan 1,2 juta dollar AS dalam pembahasan anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atau yang dikenal dengan kasus Wisma Atlet.

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) awalnya menjatuhkan vonis 4,5 tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider kurungan enam bulan kepada Angelina Sondakh pada 10 Januari 2013.

Baca Juga: Potret Pilu Keanu Massaid, Lulus SD Tanpa Sosok Orangtua, Ayah Meninggal Dunia Hingga Ibu Masuk Penjara

Angelina Sondakh kemudian naik banding ke Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta. Namun, majelis hakim malah memperkuat hukuman Angie, sapaan akrab Angelina Sondakh.

Mahkamah Agung (MA) tetap memutus bersalah ketika Angelina Sondakh ajukan kasasi.

Baca Juga: Foto Wisuda SD Bikin Terharu, Anak Bungsu Adjie Massaid Cuma Mau Ini Saat Angelina Sondakh Bebas dari Bui

Bahkan, vonisnya malah jadi tiga kali lipat, yakni 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta ditambah kewajiban membayar uang pengganti senilai Rp 12,58 miliar dan 2,35 juta dollar AS.

Lewat Peninjauan Kembali (PK), hukuman Angelina Sondakh dipotong jadi 10 tahun dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Baru-baru ini kabar Angelina Sondakh bebas beredar luas di publik. Wartawan dari sejumlah media mencari tahu fakta sebenarnya.Kabag Humas dan Publikasi Ditjen PAS Kemenkumham Rika Apriyanti menjelaskan lebih jauh terkaitkabar yang menyebut mantan Putri Indonesia tersebut telah menghirup udara bebas.

Baca Juga: Ditinggal Sang Ibu Masuk Bui, Anak Bungsu Angelina Sondakh Blak-blakan Sebut Tak Kenal Ayahnya yang Pergi Saat Masih Bayi

"Belum bebas, masih menjalani pidana," kata Rika Apriyanti, Jumat (18/6/2021).

Rika Apriyanti juga membantah terkait kabar Angelina Sondakh sudah mempersiapkan kebebasannya. "Itu hoax. Tolong kasih tahu ke teman-teman lainnya," kata Rika Apriyanti.

Ketika disinggung waktu pastinya Angelina Sondakh akan menghirup udara bebas, Rika Apriyanti memastikan masih lama. "Nanti dikabari," tandas Rika Apriyanti.

Baca Juga: Digugat Cerai Istrinya yang 45 Tahun Lebih Muda, Mark Sungkar Beberkan Fakta Sebenarnya dari Dalam Bui

Istimewa

Angelina Sondakh dikabarkan bebas dari penjara. Ternyata begini fakta sebenarnya.

Namun, apabila kita melihat rincian hukuman Angelina Sondakh seperti di atas, ibundaKeanu Jabaar Massaid ini bakal bebas sepenuhnya pada tahun 2022. Hitungan ini berdasarkan dari hasil hukuman terakhir yang dijatuhkan pada Angelina Sondakh.

Mahkamah Agung (MA) memang sudah memutus bersalah ketika Angelina Sondakh mengajukan kasasi. Malahan, MA justru memberikanvonis menjadi tiga kali lipat, yakni 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta ditambah kewajiban membayar uang pengganti senilai Rp 12,58 miliar dan 2,35 juta dollar AS.

Lewat Peninjauan Kembali (PK), hukuman Angelina Sondakh dipotong jadi 10 tahun dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Dengan demikian, Angelina Sondakh bakal bebas sepenuhnya pada tahun 2022.

Baca Juga: Cerai dari Tamara Bleszynski Karena Dituding Punya Kelainan, Teuku Rafly Kini Pamer Foto Mesra Istri Muda, Dikira Kakak Anak Sulungnya

Karena cerita perjalanan spiritualitasnya di penjara, profil Angelina Sondakh belakangan ramai diperbincangkan. Angelina Sondakh yang merupakan seorang mualaf kini telah hafal 15 juz Al quran hingga jadi guru ngaji di penjara.

Angelina Sondakh mengawali karier secara nasional lewat pemilihan Putri Indonesia 2001. Sebelumnya, perempuan berdarah Manado tapi lahir di Australia 28 Desember 1977 ini menamatkan pendidikan dasar dan menengah di Manado.

Baca Juga: Aibnya Sampai Dikuliti di Media Sosial, Nama Asli Gofar Hilman di Akta Kelahiran Jadi Karma

Istimewa

Angelina Sondakh dikabarkan bebas dari penjara. Ternyata begini fakta sebenarnya.

Ketika memutuskan untuk membuka hati kepada suaminya, mendiang Adjie Massaid, Angelina Sondakh memutuskan memeluk Islam atau mualaf. Angelina Sondakh tidak segan-segan mempelajari tentang agama Islam, meski berasal dari daerah yang mayoritas penganut agama Nasrani.

Usai bebarapa tahun menjadi mualaf, suami yang memperkenalkannya belajar agama Islam harus dipanggil Allah ke pangkuan-Nya secara mendadak akibat penyakit serangan jantung, tepatnya pada bulan Feburuari 2011.

Dia hijrah ke ibu kota saat berkuliah di Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta jurusan Ekonomi. Dia juga belajar di Year 9 – 10 Presbyterian Ladies College, Sydney, Australia dan Year 11 Armidale Public High School, Armidale, Australia.

Baca Juga: Dijamin Manjur, Ini Racikan Bahan Dapur yang Bikin Cicak Mati Bergelimpangan di Rumah

Pada tahun 1993, Angelina Sondakh meraih penghargaan Outstanding Effort in Maths, Textile & Design and Scripture Presbyterian Ladies College, Sydney dan Certificate of Merit in Chemistry Armidale Public High School, Armidale, NSW (1994), serta Juara III Putri Ayu Manado (1995).

Juara I dan Juara Favorit Puteri Pixy Manado; dan Juara I dan Puteri Intelegensia sebagai Puteri Simpatik Manado adalah sejumlah penghargaan yang diraih Angelina Sondakh pada tahun 1995.

Baca Juga: Tak Kapok Disentil Erick Thohir, Ahok Bongkar Fasilitas Mewah Bos-bos Pertamina Hingga Bikin Panas Telinga

Istimewa

Puteri Indonesia 2001 Angelina Sondakh dikabarkan bebas dari penjara. Ternyata begini fakta sebenarnya.

Prestasi itu terus berlanjut hingga Angelina Sondakh meraih gelar Puteri Indonesia Sulawesi Utara (2001) dan memenangi ajang yang sama di tingkat nasional pada 2001.

Prestasi itu membawa Angelina Sondakh kepada karier selanjutnya sebagai Duta Orang Utan pada 2005 dan didapuk sebagai anggota DPR dari Partai Demokrat pada pemilihan umum 2004.

Baca Juga: Se-Indonesia Berutang Maaf, Atta Halilintar Ternyata Dapat Bunga Edelweis dari Sini, Aurel Terlanjur Terima Getahnya

Sayang menjadi wakil rakyat tak serta merta membuat jalan Angelina Sondakh mulus. Dia tercatat sebagai tersangka kasus hukum dugaan suap Kemenpora atas proyek Wisma Atlet Jakabaring, Palembang untuk penyelenggaraan Sea Games ke-26 pada 2011 lalu.

Kasus serupa juga menyeret nama politisi Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin. Gara-gara kasus tersebut, Angelina Sondakh sedang menjalani hukuman 10 tahun penjara dan belum bebas hingga saat ini.

Baca Juga: Anji Tertunduk Lesu Diancam 12 Tahun Penjara, Wina Natalia Bilang Begini ke Anak-anaknya

Tribunnews.com

Angelina Sondakh dikabarkan bebas dari penjara. Ternyata begini fakta sebenarnya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya