Bikin Keponakan Prabowo dan Putri Wapres Bertekuk Lutut, Ini Sosok Petahana Pilkada Tangsel 2020, Ternyata Didukung Keluarga Ratu Atut

Jumat, 11 Desember 2020 | 16:57
TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie

Fotokita.net - Bikin keponakan Prabowo dan putri Wapres Ma'ruf Amin bertekuk lutut, ini sosok petahana Pilkada Tangsel 2020, ternyata didukung keluarga Ratu Atut.

Tahapan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 telah selesai digelar, Rabu (9/12/2020).

Proses penghitungan suara yang diperoleh tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Tangsel kini sedang berlangsung.

Dari tiga kandidat yang berlaga, pasangan calon nomor urut tiga Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan meraih suara tertinggi berdasarkan hasil hitung cepat dua lembaga survei dan real count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca Juga: Keponakan Prabowo Merana, Ini Daftar Kekalahan Jagoan Gerindra, Simak Link Hasil Pemungutan Suara Pilkada 2020

Melihat hal itu, dua pasangan calon lainnya kemudian mengakui kekalahannya di Pilkada Tangsel, walaupun proses penghitungan suara secara resmi belum selesai.

Azizah-Ruhamaben terima kekalahan

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut dua, Siti Nur Azizah-Ruhamaben menerima kekalahannya dalam Pilkada Tangsel 2020.

Azizah mengungkapkan, dia dan Ruhamaben belum beruntung untuk bisa menduduki kursi wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan lewat kontestasi politik tahun ini.

Baca Juga: Akui Kekalahan dari Menantu Jokowi, Petahana Pilkada Medan Buka Suara di Depan Media: Banyak Invisible Hand yang Ikut Bermain

Sebab, hasil real count maupun hitung cepat perolehan suara oleh sejumlah lembaga survei menyatakan Azizah-Ruhamaben berada di posisi terbawah.

"Seperti yang dapat saudara-saudara saksikan terutama teman-teman media, baik itu yang real count maupun yang quick count, keberuntungan sepertinya belum berpihak kepada kami," ujar Azizah dalam tayangan KompasTV, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga: Terus Tebar Bahagia Karena Jagoannya Menang Pilkada Surabaya, Ternyata Risma Incar Jabatan Ini Usai Turun dari Kursi Wali Kota

Putri Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin itu mengatakan, dia dan Ruhamaben awalnya optimistis bisa memenangkan Pilkada Tangsel 2020.

Namun, Azizah berpandangan bahwa kekalahan perolehan suara berdasarkan hasil hitung cepat lembaga survei di Pilkada Tangsel 2020 merupakan realitas yang harus diterima.

"Ketika proses penghitungan, memang pada saat angka-angka itu muncul, ketika sampai pada angka psikologis ya kami harus melihat itu sebagai realitas," kata Azizah.

Baca Juga: Bikin Gempar Karena Kalahkan Anak Jokowi Sebelum Pilkada 2020, Begini Nasib Calon Wali Kota Anna Morinda Usai Pemungutan Suara Selesai

Muhamad-Sara akui kemenangan Benyamin-Pilar

Hal senada diungkapkan oleh pasangan calon nomor urut satu Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Sara) yang mengakui kemenangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan di Tangsel 2020.

Calon wali kota Tangsel Muhamad mengatakan, pihaknya mengakui keunggulan pasangan calon nomor urut tiga setelah memantau hasil sementara real countKPU dan hitung cepat beberapa lembaga survei.

"Untuk hasil kami sudah akui. Realita seperti itu. Berdasarkan hasil kami akui," ujarnya di posko pemenangan Muhamad-Sara, Serpong, Tangerang Selatan.

Menyusul pernyataan Muhamad, calon wakil wali kota Sara menyebutkan bahwa saat ini pertarungan Pilkada Tangsel 2020 telah berakhir.

"Izinkan saya sampaikan pesan terlebih dahulu kepada para pendukung, pemenangan Saraswati yang luar biasa. Kini pertarungan Pilkada telah selesai," kata Sara.

Menurut Sara, selama beberapa bulan bertarung di Pilkada Tangsel, seluruh relawan maupun tim pemenangan sudah bekerja keras.

Baca Juga: Disebut Gagal Jadi Pemenang, Jagoan Risma Malah Menang Telak di Kandang Lawan, Ini Hasil Hitung Cepat Pilkada Surabaya 2020

Keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu pun meminta tim pemenangan dan para simpatisan untuk tetap semangat dan menerima kekalahan di Pilkada tahun ini.

"Jangan pernah patah semangat walaupun hasil mengecewakan. Jangan biarkan kekalahan ini menjadi penghambat bagi kalian," ungkap Sara.

Baca Juga: Jagoan Megawati dan PDIP Menang dalam Hitungan Sementara, Wali Kota Risma Nurut Diminta Pose Begini di Depan Kamera: Saranghae Surabaya!

Menunggu hasil penghitungan suara resmi dari KPU

Meski keduanya sudah menerima kekalahan berdasarkan perolehan suara sementara, baik Muhamad-Sara maupun Azizah-Ruhamaben akan tetap menunggu pengumuman resmi dari KPU.

Muhamad mengaku akan tetap menunggu rekapitulasi resmi dari KPU sebagai legalitas dari hasil perhitungan suara Pilkada Tangerang Selatan 2020.

"Namun hasil resminya kami serahkan ke KPU. Kami tunggu hasil akhir dari KPU karena mereka legalitasnya untuk Pilkada," kata Muhamad.

Baca Juga: Selalu Tampil Sederhana di Depan Kamera, Selvi Ananda Buka Suara Usai Anak Jokowi Diprediksi Menang Telak di Pilkada Solo 2020

Hasil sementarareal countKPU

Untuk diketahui, hasil sementara real countKPU pada Jumat (11/12/2020) pukul 07.14 WIB, pasangan Muhamad-Sara meraih 86.203 atau 34,9 persen.

Sementara itu, pasangan Azizah-Ruhamaben memperoleh 59.648 suara atau serata dengan 24,2 persen.

Pasangan calon nomor urut tiga Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan mendapatkan 100.884 suara atau 40,9 persen.

Dengan demikian, perolehan suara Benyamin-Pilar teratas berdasarkan hasil sementarareal countKPU.

Baca Juga: Foto Sprindik Erick Thohir Tersebar Sampai Bikin Ketua KPK Turun Tangan, Ternyata Kakak Sang Menteri BUMN Kini Masuk dalam Daftar 15 Orang Terkaya Indonesia

Instagram @sufmi_dasco

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Prabowo Subianto dan Sufmi Dasco Ahmad

Data tersebut merupakan hasil penghitungan sementara berdasarkan 43,64 persen data yang masuk atau 1.293 dari 2.963 TPS di Pilkada Tangerang Selatan.

Hasil penghitungan suara riil atau real count yang dipublikasikan KPU melalui laman resmi pilkada2020.kpu.go.id atau Sirekap tidak bisa menjadi dasar penentuan pemenang Pilkada 2020.

Penentuan pemenang tetap didasarkan pada pengumuman KPU berdasarkan hasil rekapitulasi manual KPU yang dilakukan secara berjenjang.

Sesuai jadwal, rekapitulasi dilakukan hingga 26 Desember 2020.

Baca Juga: Terima Segepok Uang dari Warga, Ibunda Korban Tewas Bentrokan Laskar FPI dan Polisi Menangis Tersedu: 'Saya Butuh Keadilannya Saja'

Hasil akhir hitung cepat atau quick count tiga lembaga survei di Pilkada Tangsel 2020, Rabu (9/12/2020), menunjukkan pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan unggul.

Tiga lembaga tersebut, yakni Voxpol Center Research, Consulting dan Charta Politika Indonesia, danPT Indikator Politik Indonesia. Data masuk tiga lembaga tersebut sudah 100 persen.

Baca Juga: Dibenci Seluruh Anggota DPRD Hingga Dimakzulkan, Bupati Jember Malah Disebut Bakal Sukses di Pilkada 2020 Karena Keputusan Terbaru Mahkamah Agung

Pasangan nomor urut 3 Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan diusulkan Partai Golkar.

Tiga partai tanpa kursi di DPRD Tangsel ikut mendukung pasangan ini, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Gelora.

Benyamin merupakan petahana Wakil Wali Kota Tangsel. Ia mendampingi Wali Kota Tangsel saat ini, Airin Rachmi Diany, selama dua periode.

Jauh sebelum terjun ke dunia politik, Benyamin malang melintang sebagai birokrat. Dia mengawali karier sebagai tenaga kerja sukarela di Pemerintah Kabupaten Tangerang sejak 1980.

Baca Juga: Dilarang Ambil Foto-foto, 6 Jenazah Pengawal Habib Rizieq Dishalatkan di Masjid Petamburan, Anak Yatim Itu Susul Kepergian Sang Ayah

Pria kelahiran 1958 ini pernah menjabat sebagai Camat Ciledug, Camat Cisoka dan Camat Tigaraksa sebelum menjadi kepala dinas dan kepala bagian di Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Posisi terakhirnya adalah Kepala Dinas Tata Ruang yaitu pada kurun 2009-2010. Bernyamin melepas jabatannya di Kabupaten Tangerang untuk menjadi Wakil Wali Kota Tangsel dalam pilkada pertama Tangsel pada 2010, setelah pemekaran pembentukan Kota Tangerang Selatan pada 2008.

Baca Juga: Cuma Diminta Jaga Ketertiban Hingga Mau Ditangkap Polisi, Begini Respon Presiden Jokowi Usai Habib Rizieq Makin Semangat Gelar Acara: Skenario Berubah

Benyamin yang berpasangan dengan Airin memenangi Pilkada Tangsel 2010 dan berlanjut ke periode kedua dengan memenangi Pilkada Tangsel 2015.

Pasangannya, Pilar Saga Ichsan, merupakan kader muda Partai Golkar.

Dia adalah pengusaha distro di Bandung, Jawa Barat, dan juga seorang arsitek. Ia meraih gelar sarjana teknik arsitektur di Universitas Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, pada 2013.

Baca Juga: Dapat Peringatan Keras dari Shireen Sungkar Usai Unggul Versi Quick Count, Ini Daftar Artis yang Menang dan Kalah di Pilkada Serentak 2020

Selain itu, dia menjabat komisaris di tiga perusahan swasta sejak 2015 sampai sekarang. Pria kelahiran 1991 ini merupakan putra Bupati Serang, Ratu Tatu.

Ibunya adalah adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Adapun Ratu Atut Chosiyah adalah kakak ipar Wali Kota Tangsel saat ini, Airin.

Suami Airin, Tubagus Chaeri Wardana adalah adik Atut dan Tatu.

Baca Juga: Disorot Tajam Media Asing Karena Dinasti Politik, Anak Jokowi Serang Balik Usai Menang Telak Versi Hitung Cepat: 'Saya Bisa Menang, Bisa Kalah'

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya