Bikin Gempar Karena Kalahkan Anak Jokowi Sebelum Pilkada 2020, Begini Nasib Calon Wali Kota Anna Morinda Usai Pemungutan Suara Selesai

Jumat, 11 Desember 2020 | 06:27
Grid Hits

Calon Wali Kota Metro Lampung, Anna Morinda, di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020)

Fotokita.net - Bikin gempar karena kalahkan anak Jokowi sebelum Pilkada 2020, begini nasib calon wali kota usai pemungutan suara selesai.

Sebelum Pilkada Serentak 2020 digelar pada Rabu 9 Desember 2020, seluruh kontestan melakukan sejumlah persiapan. Mereka menjalani serangkaian kegiatan dan persiapan gelaran pemungutan suara melalui partai politik yang mendukung jalan mereka.

Partai politik memang telah menggelar persiapan Pilkada Serentak 2020 bagi para kadernya yang mengikuti ajang itu sejak jauh hari.

Salah satu partai politik yang menggelar serangkaian kegiatan persiapan bagi para kadernya, PDI Perjuangan. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini menggelar Sekolah Pilkada 2020.

Baca Juga: Dapat Peringatan Keras dari Shireen Sungkar Usai Unggul Versi Quick Count, Ini Daftar Artis yang Menang dan Kalah di Pilkada Serentak 2020

Ketika Sekolah Pilkada 2020 digelar PDI Perjuangan, nama Anna Morinda mendadak jadi sorotan. Maklum, ketika semua tertuju pada sosok anak Jokowi, Gibran Rakabuming, tiba-tiba Anna Morinda mencuri perhatian.

Apa penyebabnya? Ternyata nama Anna Morinda terpilih sebagai peserta terbaik di Sekolah Pilkada yang diadakan PDI Perjuangan.

Baca Juga: Disorot Tajam Media Asing Karena Dinasti Politik, Anak Jokowi Serang Balik Usai Menang Telak Versi Hitung Cepat: 'Saya Bisa Menang, Bisa Kalah'

Anna Morinda menjadi lulusan terbaik dalam Sekolah Partai Calon Kepala Daerah.

Ia unggul dari total 129 peserta Sekolah Pilkada, termasuk dari sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Solo.

Lalu siapakah sosok Anna Morinda?

Baca Juga: Bongkar Rahasia Tolak Pilih Ahok Saat Pilkada DKI Jakarta, Jusuf Kalla Mendadak Singgung Orang Terkaya Indonesia Ini, Ada Apa?

Profil Anna Morinda

Anna Morinda adalah Ketua DPC PDIP Metro Lampung.

Ia merupakan putri asli Metro yang lahir pada 5 Oktober 1978.

Anna Morinda memiiki gelar Sarjana Ekonomi dan Magister Manajemen.

Kuliah Sarjana ia tamatkan di Universitas Bandar Lampung pada 2002.

Kemudian gelar pascasarjana ia peroleh di universitas yang sama pada 2011.

Baca Juga: Anak dan Menantu Jokowi Di Ambang Kemenangan, Media Asing Soroti Pilkada 2020, Dinasti Politik Istana Jadi Pemicunya

Selain mengemban tugas Ketua DPC PDIP Metro, Anna Morinda juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Metro.

Dapat Dukungan Gerindra

Sementara dikutip dari TribunLampung.co.id, Anna Morinda yang maju sebagai calon Wali Kota Metro diusung PDIP mendapat dukungan koalisi.

Partai Gerindra telah memutuskan untuk mendukung perempuan asli Metro ini.

Baca Juga: Keponakan Prabowo Merana, Ini Daftar Kekalahan Jagoan Gerindra, Simak Link Hasil Pemungutan Suara Pilkada 2020

DPC Gerindra Metro memberikan dukungan kepada Anna Morinda dan Fritz Akhmad Nuzir dalam Pilkada Metro 2020.

Ketua DPC Gerindra Metro Haidir Basyir mengatakan, sesuai arahan DPD, DPC menyatakan mendukung pasangan Anna-Fritz.

Gerindra Metro siap solid bergerak bersama koalisi rakyat untuk memenangkan kursi wali kota dan wakil wali kota Metro.

Bakal calon wali kota Metro Anna Morinda mengaku bersyukur atas dukungan yang diberikan Gerindra.

Baca Juga: Jagoan Megawati dan PDIP Menang dalam Hitungan Sementara, Wali Kota Risma Nurut Diminta Pose Begini di Depan Kamera: Saranghae Surabaya!

"Alhamdulillah, kita dapat banyak masukan serta arahan. Apa yang disampaikan Bung Haidir tentu kita sangat bersyukur," terang Anna dalam rilis yang diterima Tribunlampung.co.id, Minggu (2/8/2020).

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh kader Gerindra yang siap bergerak dengan ikhlas bersama rakyat dan Anna-Fritz, untuk membangun Kota Metro yang unggul cerdas dan religius.

IST

Bakal Calon Wali Kota Metro Lampung, Anna Morinda, di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020)

"Sekali lagi terima kasih. Semoga ke depannya bisa terus bergerak melangkah bersama koalisi rakyat solid bergerak," tuntasnya.

Bakal calon wali kota Metro untuk Pilkada Metro 2020 Anna Morinda secara resmi mengantongi rekomendasi Partai Gerindra.

Rekomendasi partai besutan Prabowo Subianto itu langsung diserahkan oleh Ketua DPC Partai Gerindra Haidir Basyi di kediamannya Jalan Tulang Bawang, Metro Timur, Metro, Kamis (30/7/2020).

Baca Juga: Disebut Gagal Jadi Pemenang, Jagoan Risma Malah Menang Telak di Kandang Lawan, Ini Hasil Hitung Cepat Pilkada Surabaya 2020

Saat dikonfirmasi, Anna Morinda membenarkan Partai Gerindra telah merestui pasangan Anna-Fritz Akhmad Nuzir maju di Pilwakot Metro 2020.

"Iya (dapat rekomendasi Gerindra), alhamdulillah, kami sangat mengapresiasi dukungan Gerindra untuk Anna-Fritz," ujarnya kepada Tribunlampung.co.id, Sabtu (1/8/2020).

Saat ini, Anna bersama duetnya Fritz Akhmad Nuzir telah mendapat rekomendasi PDI Perjuangan dan Gerindra.

Baca Juga: Menantu Jokowi Ungguli Petahana di Pilwakot Medan, Ini Link dan Cara Tahu Hasil Hitung Cepat Pilkada 2020

Kendati demikian, Anna mengaku masih tetap akan menjajaki partai-partai lain yang ingin berkoalisi mengusung Anna-Fritz.

"Iya kita tetap terus berkomunikasi, kita terbuka dengan semua partai yang ingin berkoalisi," jelasnya.

Ungguli Gibran Rakabuming

Diberitakan Tribunnews.com, Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan Partai Komaruddin Watubun mengungkapkan 129 calon kepala daerah dinyatakan lulus dalam Sekolah Partai Gelombang I yang digelar PDIP, termasuk putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming.

Namun, dia mengungkapkan Gibran bukan lulusan terbaik dalam Sekolah Partai Calon Kepala Daerah.

Baca Juga: Selalu Tampil Sederhana di Depan Kamera, Selvi Ananda Buka Suara Usai Anak Jokowi Diprediksi Menang Telak di Pilkada Solo 2020

Komaruddin yang juga menjadi Kepala Sekolah Partai menyatakan dua calon kepala daerah terbaik dalam Sekolah Partai gelombang pertama ini.

Mereka adalah bakal calon Wali Kota Metro Lampung Anna Morinda serta bakal calon bupati Manggarai Heribertus Ngabut.

"Peserta terbaik, nomor satu Anna Morinda. Peserta terbaik kedua adalah Heribertus Ngabut, calon bupati Manggarai," kata Komaruddin melalui keterangannya, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga: Cuma Didukung 2 Partai Politik, Petahana Pilkada Medan Disebut Sukses Bikin Menantu Jokowi Pulang ke Solo, Ini Hitungannya

Sementara itu, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa peserta yang lulus akan mendapat penugasan khusus dari partai.

"Peserta yang lulus masih akan mendapat penugasan khusus usai sekolah dan akan dilaksanakan pemantauan pelaksanaan tugas oleh DPP PDI Perjuangan," ucap Hasto.

Kompas.com

Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Kini, usai pemungutan suara Pilkada Seretak 2020, Anna Morinda-Fritz Akhmad Nuzir mengklaim menang tipis secara real count yang dilakukan PDIP setelah pemungutan suara Pilkada Kota Metro.

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut empat ini mengklaim raup 28,39 persen suara atau 25.997 suara rakyat Rabu (9/10).

Ketua Tim Kampanye Anna–Fritz, Yahya Wilis mengatakan berdasarkan rekapitulasi form C1 dari BSPN, Anna – Fritz unggul dari tiga pasangan calon lain.

Baca Juga: Dibenci Seluruh Anggota DPRD Hingga Dimakzulkan, Bupati Jember Malah Disebut Bakal Sukses di Pilkada 2020 Karena Keputusan Terbaru Mahkamah Agung

“Para saksi yang mengumpulkan data form C1,” kata Yahya pada konferensi pers di Posko Perjuangan 1 Anna–Fritz, Jalan Flores, Ganjaragung, Metro Barat, Rabu malam (9/12).

Dia mengucapkan terimakasih kepada partai pengusung, relawan dan simpatisan yang sudah mendukung paslon nomor urut empat sehingga bisa memenangkan Pilkada Kota Metro.

“Kemenangan kita ini adalah kemenangan bersama yang kita raih dengan sudah payah. Dan kemenangan kita ini untuk Kota Metro yang lebih baik kedepan,” tandasnya.

Yahya berharap kemenangan yang sudah diperoleh ini tetap dipertahankan untuk membawa Kota Metro yang unggul, cerdas, dan religius.

Baca Juga: Hasil Otopsi 6 Jenazah Pengawal Habib Rizieq Ditemukan Luka Tak Wajar, FPI Berharap Bantuan Lembaga Ini Usai Bentrokan Berdarah di Jalan Tol

(Tribunnews.com/ Chrysnh, Chaerul Umam)(Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak/Kiki Adipratama)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya