Jumlah Pengikutnya Disebut Menteri Jokowi Tak Banyak, Massa Penjemput Habib Rizieq Shihab Bikin Pusing Polisi di Tol Bandara Soetta: Sudah Beratlah...

Selasa, 10 November 2020 | 09:45
Kompas

Habib Rizieq Shihab Akan Tiba di Indonesia 10 November

Fotokita.net - Jumlah pengikutnya disebut menteri Jokowi tak banyak, massa penjemput Habib Rizieq Shihab bikin pusing polisi di tol Bandara Soetta: sudah beratlah.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MDmenegaskan, pemerintah tak khawatir Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihabkembali ke Tanah Air.

Menurut Mahfud MD, kepulangan Habib Rizieq Shihabjuga tidak bakal berdampak besar.

Baca Juga: Sudah Tes Swab, Habib Rizieq Shihab Tiba di Tanah Air Besok, Begini Kondisi Kediaman Imam Besar FPI dan Fakta Terbarunya

Ia lantas membandingkan Habib Rizieq Shihab dengan pemimpin Syiah Iran, Ayatollah Khomeini.

Mahfud MD menyebut, kepulangan Habib Rizieq Shihabtidak seperti pemimpin Syiah tersebut yang membawa dampak besar bagi negara dan bangsa.

Baca Juga: Bongkar Alasan Ogah Minta Bantuan Pemerintah, Habib Rizieq Segera Nikahkan Syarifah Najwa Shihab, Ini Sosok Putri Cantik Imam Besar FPI

Saat Khomeini kembali ke Iran dari pengasingan di Paris, seluruh rakyatnya memberikan sambutan, karena Khomeini dianggap orang suci.

Lalu, Khomeini memimpin revolusi dan berbuah manis. Mohammad Reza Pahlevi berhasil digulingkan pada 1979.

Hal itu disampaikan Mahfud MDdalam wawancara bersama Ade Armando di kanal YouTube Cokro TV, yang dikutipTribunnews, Kamis (5/11/2020).

"Rizieq Shihab itu bukan Khomeini."

Baca Juga: Disebut Bakal Dituntut Habib Rizieq Karena Sebut Overstay di Arab Saudi, Duta Besar RI Ungkap Alasan Tak Prioritaskan Kasus Imam Besar FPI

"Kalau Khomeini mau pulang dari Paris seluruh rakyatnya mau menyambut, karena Khomeini orang suci."

"Kalau Rizieq Shihabkan pengikutnya tidak banyak juga, kalau dibandingkan dengan Umat Islam pada umumnya."

"Jadi kita tidak khawatir juga," papar Mahfud MD.

Baca Juga: Disebut Ingin Pulang Terhormat Bukan Karena Overstay di Arab Saudi, Begini Komentar Ahok Soal Rencana Kepulangan Habib Rizieq Shihab

TribunJakarta.com/Ega Alfreda
TribunJakarta.com/Ega Alfreda

Ribuan simpatisan Habib Rizieq Shihab menutup lumpuh akses Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/11/2020) pagi.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pun mengatakan, kepulangan RizieqShihab merupakan soal pribadi.

Sehingga, tidak satu pun orang untuk menghalanginya, termasuk pemerintah.

"Cuma yang saya tahu dari sumber informasi yang resmi, Rizieq Shihabitu sampai beberapa waktu yang lalu, memang dicekal Pemerintah Arab Saudi, bukan Pemerintah Indonesia."

Baca Juga: Habib Rizieq Shihab Pulang ke Tanah Air Pada Tanggal Ini, Imam Besar FPI Bakal Tuntut Pejabat yang Menuduhnya Overstay di Arab Saudi

"Karena dianggap melakukan penghimpunan dana secara ilegal," jelasnya.

Mahfud MD pun menyebut, Rizieq Shihabseharusnya dideportasi dari Arab Saudi.

Rizieq Shihab disebut melanggar ketentuan imigrasi setempat.

Namun, Mahfud MD mengatakan, Rizieq Shihab ingin pulang secara terhormat tanpa melalui proses deportasi.

Baca Juga: Batal Pulang ke Tanah Air Saat Maulid Nabi, Kini Habib Rizieq Shihab Sebut Sudah Tak Punya Masalah Hingga Minta Ulama Lakukan Ini

Facebook.com/Majelis Rijalul Asyiqien

Video suasana Bandara Soekarno-Hatta jelang kepulangan Rizieq Shihab.

"Dia akan dideportasi karena melakukan pelanggaran imigrasi."

"Nah, sekarang ini dia pulang ke Indonesia, tapi enggak mau dideportasi."

"Dia ingin pulang terhormat," beber Mahfud MD.

Baca Juga: Kabar Habib Rizieq Pulang ke Tanah Air Saat Maulid Nabi Makin Kuat, Polri Malah Beri Komentar Ini: Silakan Aja, Tapi...

Sementara itu, akses jalan tol menuju Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, lumpuh total menjelang kedatangan pemimpin organisasi masyarakat (ormas) Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Selasa (10/11/2020) pagi.

Wakasat Lantas Polres Bandara Soekarno-Hatta AKP Tugiyo mengatakan, banyak kendaraan simpatisan Rizieq yang diparkir di jalan tol.

"Lalin Soekarno-Hatta yang masuk tol maupun yang keluar tol tersumbat kendaraan penjemput Habib Rizieq," tutur Tugiyo dalam keterangan suara, Selasa.

"Kendaraan penjemputan Habib pada parkir di tol sehingga menumpuk," tambah dia.

Baca Juga: Habib Rizieq Disebut Pulang Saat Maulid Nabi, Sosok Kondang Ini Malah Ragu Rencana Sang Ulama Bisa Terwujud, Dijegal Pemerintah?

YouTube Front TV
YouTube Front TV

Keluarga Habib Rizieq Shihab

Tidak hanya jalur tol, Tugiyo mengatakan, kondisi sama juga terjadi di akses melalui Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan.

"Artinya, pergerakannya sudah beratlah, sudah susah," tutur Tugiyo.

Sementara itu, pantauan Kompas.com, massa penjemput Pemimpin FPI Rizieq Sihab melakukan aksi konvoi dari Pintu Tol Bandara Prof Soedijatmo menuju Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa pagi.

Akibatnya, kemacetan panjang terjadi di Jalan Tol Bandara Prof Soedijatmo mengarah ke Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Selamat Joe Biden! Kalahkan Donald Trump Usai Lewati Angka Keramat Ini, Ternyata Mantan Wakil Barack Obama Berusaha Kubur Tragedi Keluarganya

Ribuan simpatisan Rizieq Shihab berkerumun di pintu keluar Tol Bandara. Sejumlah kendaraan yang digunakan massa penjemput diparkir di bahu jalan.

Massa bergerak menuju area parkir dan Masjid Salahuddin Al Ayyubi, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, dengan dikawal petugas kepolisian.

Baca Juga: Ngotot Aksinya Bukan Gimmick, Ade Londok Akhirnya Lakukan Ini ke Malih Tong Tong, Respons Sahabat Haji Bolot Bikin Terkejut

Capture YouTube Front TV
Capture YouTube Front TV

Habib Rizieq Shihab bersama istri dan putrinya

Akibatnya, akses menuju kawasan Bandara terganggu. Sejumlah kendaraan dari arah ataupun menuju Tol Bandara tidak dapat melintas karena terhalang massa.

Sampai saat ini, massa penjemput Rizieq dengan bernuansa pakaian serba putih masih berdatangan ke kawasan Terminal 3.

Akses keluar masuk kawasan Bandara Soekarno-Hatta masih terganggu. Sementara itu, Kasatlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta AKP Tugiyo mengatakan, lalu lintas menuju Bandara tersumbat massa penjemput Rizieq.

Baca Juga: Buruan Pantau Saldo ATM, Subsidi Gaji Rp 1,2 Juta Sudah Ditransfer, Tapi 5 Rekening Ini Bikin Gagal Terima BLT BPJS

Imbasnya, kemacetan panjang terjadi Tol Bandara Prof Soedijatmo sejak pintu Tol Cengkareng menuju Bandara.

"Lalu lintas Soekarno Hatta yang masuk tol maupun keluar tol tersumbat kendaraan penjemput Habib Rizieq," kata dia.

"Macet sudah sampai gerbang Tol Cengkareng, saya belum monitor lagi sekarang," sambung Tugiyo.

Baca Juga: Bikin Tiongkok Meradang Hingga Siap Perang, Negara Tetangga Indonesia Ini Nekat Cari Minyak di Laut China Selatan, Amerika Langsung Ulurkan Bantuan

Rencananya, Rizieq mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Banten, sekitar pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan laporan Twitter @TMCPoldaMetro, kendaraan menuju Bandara Soekarno-Hatta tak bisa bergerak.

Pengendara diimbau mencari jalur alternatif menuju bandara. "Pukul 05.41 dilaporkan Gerbang Tol Cengkareng arah menuju Bandara Soetta.

Baca Juga: Blak-blakan Hina Iklan Billboard Podcast Deddy Corbuzier, Ivan Gunawan Curiga Sang Mentalist Sudah Lakukan Ini Pada Kekasihnya

Kecepatan 0 km per jam, gunakan akses alternatif lain melalui Tangerang atau Jalan Daan Mogot Jakarta Barat arah Bandara Soetta."

"Pukul 05.42 dilaporkan situasi arus lalu lintas arah Bandara Soetta kecepatan 0 km/jam," demikian bunyi laporan akun Twitter @TMCPoldaMetro.

Sementara itu, Marketing Communication Departement Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Jakarta Irra Sisyanti mengatakan, ekor antrean kendaraan telah mencapai 7 kilometer.

Baca Juga: Fotonya Lagi Ngaji di Emperan Bikin Anggota DPR Terharu, Pemulung Ini Ketiban Rezeki Nomplok: Ditunjuk Jadi Direktur

"Hal ini disebabkan karena kepadatan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta sejak pukul 04.00 WIB yang berdampak hingga Jalan Tol Prof Dr Ir Soedijatmo," ujar Irra dalam keterangan tertulis, Selasa.

Irra mengatakan, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola ruas tol itu berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengatur kepadatan jalan.

Baca Juga: Sepakat Nggak Bahas 5 Mantannya dengan Sang Suami, Nia Ramadhani Malah Ajukan Syarat Ini Saat Dinikahi Ardi Bakrie

Pengguna jalan menuju Bandara Soekarno-Hatta, kata Irra, akan diputarbalikkan di U-Turn Kilometer 30+800.

Baca Juga: Masuk Daftar Blacklist TN Gunung Rinjani, Fiersa Besari Akui Kebodohan Hingga Minta Fansnya Lakukan Ini

"Jasa Marga mengimbau bagi pengguna jalan yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta dapat menggunakan jalur alternatif, tetapi berhati-hati," kata Irra.

(WartakotaLive.com/Kompas.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya