Follow Us

Terlanjur Bikin LPSK Murka, Richard Eliezer Cuma Bilang Begini Saat Wawancara Eksklusif di Kompas TV

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 11 Maret 2023 | 08:34
Status perlindungan Richard Eliezer dicabut LPSK buntut wawancara eksklusif di Kompas TV.
Kristianto Purnomo/Kompascom

Status perlindungan Richard Eliezer dicabut LPSK buntut wawancara eksklusif di Kompas TV.

Fotokita.net - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dibuat murka. Akibatnya, lembaga ini tak lagi memberikan perlindungan kepada terpidana kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Richard Eliezer.

Hal ini dikarenakan Richard Eliezer menjadi narasumber dalam acara Kompas TV yang dipandu wartawan senior Rosiana Silalahi tanpa izin dari LPSK.

Dalam wawancara eksklusif yang ditayangkan Kompas TV itu, Richard mengungkapkan isi hatinya. Begini wawancara Eliezer yang bikin LPSK murka hingga mencabut perlindungan terhadap eksekutor Brigadir J.

Atas wawancara tersebut, Richard Eliezer dinilai telah melanggar salah satu pasal di UU No 13 Tahun 2006 juncto UU No 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban yang tegas melarang saksi untuk bertemu dan berkomunikasi dengan pihak lain di luar sepengetahuan LPSK.

Richard sendiri diundang oleh wartawan senior Rosianna Silalahi secara eksklusif di program Rosi, Kamis (9/3/2023).

Pimpinan Redaksi Kompas TV Rosiana Silalahi mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat untuk mewawancarai terpidana kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat, Richard Eliezer atau Bharada E kepada Lembaga Perlindungan Saksi Korban (LPSK).

Dia menyebut, surat tersebut berupa tembusan beserta dengan izin yang dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan HAM, Dirjen Pemasyarakatan dan izin dari Kapolri.

"LPSK juga sudah mendapat tembusan surat untuk perizinan," ujar Rosi dalam keterangannya, Jumat (10/3/2023).

Rosi kemudian meminta agar pimpinan LPSK tidak mengkambinghitamkan media sebagai penyebab status terlindung Richard Eliezer dicabut.

Karena menurut Rosi, proses wawancara itu sudah diketahui otoritas yang berwenang, termasuk LPSK sebagai pelindung Richard.

Baca Juga: Blak-blakan! Pengacara Bharada E Sebut Deolipa Yumara Sebar Hoaks Soal Telepon Pacar Richard Eliezer, Foto Sosoknya Muncul

"Ketika LPSK memutuskan status Icad, maka ini tindakan mengkambinghitamkan media, gara-gara Kompas TV status perlindungan Icad dicabut. Padahal H-1 wawancara, pengacara Icad dan LPSK sudah berkomunikasi dan tidak ada masalah," tutur dia.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular