Follow Us

Ide Ngabuburit di Museum Benteng Heritage, Tempat Wisata Sejarah Tangerang

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 10 Maret 2023 | 23:58
Museum Benteng Heritage, tempat wisata sejarah Tangerang cocok buat ngabuburit.
Kompas

Museum Benteng Heritage, tempat wisata sejarah Tangerang cocok buat ngabuburit.

Fotokita.net - Ide ngabuburit di Museum Benteng Heritage, tempat wisata sejarah Tangerang. Ada banyak spot foto estetik.

Tidak banyak orang yang tau bahwa kaum Tionghoa di Tangerang sudah hadir sejak tahun 1407. Kaum Tionghoa hidup berdampingan dengan orang asli Tangerang selama berabad-abad hingga sekarang.

Rekam jejak kaum peranakan Tionghoa Tangerang dapat disimak di Museum Benteng Heritage merupakan hasil restorasi sebuah bangunan berasitektur tradisional Tionghoa yang menurut perkiraan dibangun pada pertengahan abad 17.

Bangunan ini merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Tangerang. Bangunan ini terletak di Jalan Cilame No.20, Pasar Lama, Tangerang yang juga titik nol Kota Tangerang.

Di sini cikal bakal pusat Kota Tangerang, yang dulunya disebut Kota Benteng. Martin, salah satu pemandu wisata di Museum Benteng Heritage menjelaskan bahwa museum ini adalah museum Tionghoa pertama di Indonesia.

Namun fokus dari museum ini adalah mengulik cerita dari kehidupan peranakan Tionghoa Tangerang atau disebut China Benteng.

"Ini museum pertama Tionghoa di Indonesia. Museum ini memperkenalkan budaya dan sejarah khususnya Tionghoa Tangerang.

Agar ketika orang-orang datang ke sini (Museum Benteng Heritage) orang-orang bisa tau bahwa kaum Tionghoa sudah ada pada tahun 1407 di sini (Tangerang)" jelas Martin kepada wartawan Kompascom di Museum Benteng Heritage, Pasar lama, Tangerang.

Rumah yang ditempati Museum Benteng Heritage, diperkirakan dibangun pada abad ke 17. Rumah ini sempat dijadikan markas bagi organisasi perdagangan Tionghoa di Tangerang.

Pada abad ke 19 rumah dibeli oleh satu keluarga bermaga Lao yang akhirnya dihuni. Rumah sempat dikontrakan sampai akhirnya dibeli oleh Udayana Halim pada 2009.

Baca Juga: Cocok Buat Hunting Foto Saat Ngabuburit, Ini 3 Tempat Wisata Estetik di Pasar Lama Tangerang

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular