Follow Us

Cara Foto yang Bagus Cukup Pakai Setting Kamera Ini di Tempat Gelap

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 05 Februari 2023 | 23:53
Untuk mengetahui cara foto yang bagus di tempat gelap kita harus memahami setting kamera seperti ini.
Istimewa

Untuk mengetahui cara foto yang bagus di tempat gelap kita harus memahami setting kamera seperti ini.

Fotokita.net - Untuk mengetahui cara foto yang bagus dengan memakai setting kamera di tempat gelap, kita harus lebih dulu memajami ISO, Shutter Speed dan Aperture.

Tiga hal ini merupakan kunci penting dalam dunia fotografi. Dengan memahami ketiga elemen tersebut kamu bisa mengeksplorasi lebih jauh hasil foto yang diinginkan.

Memang, beberapa kamera digital saku ataupun kamera DSLR saat ini sudah dibekali mode Auto yang memungkinkan kamu memotret lebih mudah.

Dengan mode auto, kamera akan secara otomatis mengatur atau menyesuaikan ISO, shutter speed dan aperture. Namun jika hanya mode auto yang kita jalankan, akan terasa sayang teknologi yang ada di kamera DSLR yang kamu miliki.

Mengetahui efek ISO, Shutter Speed dan Aperture pada kamera sangatlah penting. Apalagi ketiga hal tersebut selalu melengkapi. Tak heran banyak fotografer andal memilih menggunakan mode manual kala memotret.

Dengan mode manual, kamu bisa mengatur kamera sesuai batas dan membantu kamu mendapatkan foto dengan hasil terbaik.

Apa itu ISO, Aperture, dan Shutter Speed

Intinya ketiga komponen di atas berkaitan dengan cahaya yang masuk ke kamera. Perlu diingat jumlah cahaya yang masuk akan mempengaruhi hasil foto, menghadirkan noise hingga fokus foto yang berubah-ubah.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui efek ISO, Shutter Speed dan Aperture pada kamera. Secara ringkas, ketiga komponen tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:

Baca Juga: 10 Cara Foto Estetik di Kamar Bermodalkan Kamera HP, Ini Hasilnya

ISO

ISO adalah level sensitivitas kamera terhadap cahaya. Bagian ini biasanya dijabarkan dengan angka. Semakin rendah angkanya maka semakin rendah tingkat sensitivitas cahaya, dan semakin tinggi angka maka semakin tinggi sensitivitas kamera.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest