Follow Us

Ini Penyebab Karyawan PT GNI Geruduk Pekerja China, Potret Bentrokan Maut Diviralkan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 15 Januari 2023 | 16:58
Bentrokan antara karyawan lokal dan pekerja China terjadi PT GNI Morowali Utara. Ini penyebabnya.
Istimewa

Bentrokan antara karyawan lokal dan pekerja China terjadi PT GNI Morowali Utara. Ini penyebabnya.

Fotokita.net - Inilah penyebab karyawan PT GNI Morowali Utara, Sulawesi Tengah menggeruduk pekerja asing asal China. Potret bentrok maut pengolah nikel itu diviralkan di jagat maya.

Bentrokan karyawan lokal dan pekerja China itu pecah pada Sabtu malam (14/1/2023).

Pada Minggu pagi, bentrok antara karyawan lokal dan asing (China) di perusahaan industri nikel PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) Desa Bunta Kabupaten Morowali Utara sudah berangsur reda.

Bentrokan dikabarkan membuat karyawan dan pekerja China saling berhadap-hadapan. Kedua kubu yang bertikai saling serang berakibat rusuh hingga keluar perusahaan.

Kapolda Sulteng Irjen Rudy Sufahriadi menyampaikan masih melakukan penyelidikan terkait bentrokan tersebut, termasuk identitas 2 korban yang tewas.

"Saya akan sampaikan ada beberapa kejadian yang terjadi di PT GNI. Ini akumulasi mulai dari kecil tiba-tiba menjadi besar sampai ada korban 2 meninggal dunia," kata Irjen Rudy Sufahriadi kepada wartawan, Minggu (15/1).

"Kita sedang melakukan penyelidikan untuk mengungkap siapa yang meninggal dunia dari TKI, siapa yang dari TKA, saya akan lakukan penyelidikan ini," terangnya.

Irjen Rudy mengakui saat bentrokan terjadi pengamanan kepolisian minim di lokasi. Dia mengaku telah melakukan evaluasi dan menjamin keamanan masyarakat di Morowali Utara.

"Saya berharap kejadian ini tidak terulang lagi karena kemarin memang kekuatan pengamanan itu sangat minim dan terjadi pada malam hari," ujarnya.

"Sudah kita evaluasi, saya bersama Pak Danrem, Dandim, Kapolres, sudah melakukan rapat dengan pihak GNI supaya kejadian ini tidak terulang dan kita mengakomodir semua kepentingan masyarakat untuk keamanan di Morowali Utara," sambungnya.

Baca Juga: Pekerja Asing Tewas, Potret Kerusuhan Maut PT GNI Sulteng Disebarkan, Kepala Desa Unggah Pesan Tak Biasa

Pemyebab kerusuhan antara karyawan lokal dan pekerja China terjadi PT GNI Morowali Utara terungkap.
Istimewa

Pemyebab kerusuhan antara karyawan lokal dan pekerja China terjadi PT GNI Morowali Utara terungkap.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular