Follow Us

Foto Penampakan Mobil Hasil Tipu Mahasiswa IPB, Pelaku Bikin Hati Korban Luluh Karena Cara Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 18 November 2022 | 17:43
Pelaku yang menipu ratusan mahasiswa IPB membeli mobil dengan cara kredit. Hati korban luluh karena cara ini.
Kompascom

Pelaku yang menipu ratusan mahasiswa IPB membeli mobil dengan cara kredit. Hati korban luluh karena cara ini.

Fotokita.net - Inilah foto penampakan mobil milik Siti Aisyah Nasution (SAN) dari hasil menipu ratusan mahasiswa IPB University. Mobil yang dibeli secara kredit ini dibayari dengan uang pinjol mahasiswa IPB.

SAN ditangkap di Perumahan Kebun Raya Residence, Ciomas, Kabupaten Bogor, pada Kamis (17/11/2022) dini hari. SAN tidak melakukan perlawanan saat ditangkap polisi. Kini, dia ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan berkedok investasi bodong.

Pelaku bikin hati korban luluh dengan cara ini. Menurut pengakuan tersangka, pelaku menilap uang para mahasiswa di Bogor untuk menutupi sejumlah utang. Namun polisi belum mengetahui persis jumlah utang yang dimiliki SAN.

"Pengakuannya banyak utang, kebutuhan pribadi hingga cicilan mobil," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin Jumat (18/11/2022). Polisi masih mendalami penipuan yang dilakukan SAN. Dia menduga SAN terlilit utang pinjol.

Polisi mengungkap SAN diduga menipu dengan modus tawaran investasi. Tersangka menjanjikan keuntungan 10 persen ke para mahasiswa di Bogor itu. "Menawarkan investasi dengan keuntungan 10 persen," kata Iman kepada wartawan.

Dalam kasus ini, SAN bermodus menawarkan kerjasama investasi kepada korban yang kebanyakan mahasiswa. Namun polisi menyatakan toko yang ditawarkan sebagai investasi kepada mahasiswa tidak ada.

"Pelaku menawarkan kerja sama, kemudian dengan iming-iming keuntungan 10 persen. Namun toko online yang sebagaimana ditawarkan itu ternyata tidak ada atau bukan yang bersangkutan," kata dia.

Siti Aisyah Nasution menggunakan sebagian uang hasil kejahatannya untuk kepentingan pribadi. Salah satunya untuk membayar cicilan mobil yang dibelinya secara kredit.

"Untuk uang hasil kejahatan digunakan pelaku untuk kebutuhan pribadi, sebagian lagi digunakan untuk beli kendaraan bermotor dan sebagian lagi untuk tutupi utang (pinjol) dari korban, jadi gali lubang tutup lubang," kata AKBP Iman Imanuddin.

Baca Juga: Foto Sosok Penipu Ratusan Mahasiswa IPB Beredar, Ketua RT Bongkar Tabiat Ganjil Pelaku

Dalam penangkapan Siti Aisyah Nasution, turut diamankan satu unit mobil yang disebut-sebut sebagai bagian dari kejahatan. Foto penampakan mobil hasil menipu ratusan mahasiswa IPB bisa dilihat di artikel ini.

Mobil itu dibeli dengan cara kredit. Sedangkan untuk membayar biaya cicilan setiap bulan, pelaku menggunakan uang yang dikuasai dari korban dengan total kerugiannya mencapai Rp 2,3 miliar.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest