Follow Us

5 Tempat Wisata Museum di Purwakarta Cocok Buat Foto Sejarah Nan Indah

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 02 November 2022 | 11:47
Berikut ini adalah informasi 5 tempat wisata museum di Purwakarta yang cocok buat foto sejarah nan indah.
Instagram

Berikut ini adalah informasi 5 tempat wisata museum di Purwakarta yang cocok buat foto sejarah nan indah.

Fotokita.net - Inilah informasi 5 tempat wisata museum di Purwakarta yang cocok buat bikin foto sejarah nan indah. Yuk, kita intip foto sejarah dari tempat wisata museum ini.

Purwakarta yang berada tak seberapa jauh dari Jakarta dan Bandung menyajikan sederet tempat wisata yang menarik. Salah satunya, tempat wisata museum.

Selain menyajikan sederet tempat wisata alam, Purwakarta menampilkan sederet cerita masa lalu yang dikemas dengan apik. Itu sebabnya, kita singgahi sejenak 5 tempat wisata museum di Purwakarta ini. Apalagi sekaligus bisa buat foto sejarah nan indah.

Sebelum kita menyimak tempat wisata museum, ada baiknya kita menengok sejenak sejarah pembentukan Purwakarta sebagai wilayah kabupaten yang berada tak jauh dari Ibu Kota negara kita.

Nama Purwakarta diberikan atau diusulkan oleh seorang cutak atau dahulu biasa dikenal dengan kepala wilayah di daerah Sindangkasih yang bernama Purbasari.

Asal usul nama Purwakarta sangat berkaitan erat dengan penyebaran agama Islam dan keberadaan Masjid Agung, atau saat ini bernama Masjid Agung Baing Yusuf Purwakarta.

Pada Mei 1830 cutak menghadiri perkumpulan di Pendopo yang saat ini menjadi Kantor Bupati Purwakarta, pada masa kepemimimpinan Dalem Solawat (RA Suryawinata).

Pada masa itu Dalam Solawat menggelar syukuran berpindahnya kantor pemerintahan afdeling karawang ke Sindang Kasih dari Wanayasa.

Di tengah acara itu, cutak mengangkat tangan kemudian mengusulkan jika wilayah ini diberi nama Purwakarta.

Purwakarta menjadi kabupaten tersendiri terhitung sejak tahun 1968. Buku Sejarah Purwakarta (2008) yang disusun tim penelusuran sejarah Badan Pariwisata Kabupaten Purwakarta, tertulis dalam surat Kabar Hindia Belanda, Javasche Courant, Agustus 1831: "Door den Gou verneur Generaal in Radem is bepaald dat dehoofdplaats de Assistent-residentie Krawang, voortan den naam Poerwakarta"

Artinya, "Gubernur Jenderal telah menetapkan, bahwa ibu kota afdeling/Kabupaten Karawang bernama menjadi Purwakarta".

Baca Juga: 13 Tempat Wisata Air di Purwakarta yang Bukan Sekadar Main Basah-basahan, Hunting Foto Aesthetic Jadi Bonus!

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest