Follow Us

Status Bharada E Tetap Jadi Saksi, Jenderal yang Bikin SBY Turun Tangan Sentil Bukti Kunci Bisa Langsung Bicara dari TKP, Foto Mesra Brigadir J Diviralkan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 01 Agustus 2022 | 08:42
Susno Duadji jenderal yang pernah bikin mantan Presiden SBY turun tangan sentil bukti kunci bisa langsung bicara. Foto Brigadir J diviralkan.
Facebook

Susno Duadji jenderal yang pernah bikin mantan Presiden SBY turun tangan sentil bukti kunci bisa langsung bicara. Foto Brigadir J diviralkan.

Fotokita.net - Polri menegaskan status Bharada Richard Eliezer atau Bharada E masih tetap menjadi saksi dalam kasus kematian Brigadir Yosua atau Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo. Namun, jenderal bintang 3 Polri yang bikin SBY turun tangan sentil bukti kunci bisa langsung bicara dari TKP. Foto mesra Brigadir J diviralkan.

Komjen Pol (Purn) Drs. Susno Duadji, S.H., M.Sc., Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (24 Oktober 2008 hingga 24 November 2009) ikut mengomentari insiden baku tembak antara Bharada E dan Brigadir J pada 8 Juli 2022. Bahkan, sang jenderal berani bicara blak-blakan perihal penangangan kasus yang sudah disorot Presiden Joko Widodo.

Sejak kasus kematian Brigadir J viral di jagat maya, Polri bersikukuh status Bharada E yang disebut menembak mati seniornya itu masih tetap menjadi saksi. Melihat perkembangan kasus ini, jenderal yang pernah bikin mantan Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono turun tangan sentil bukti kunci bisa langsung bicara dari TKP.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan kabar Bharada E ditarik ke Mako Brimob lantaran statusnya yang masih sebagai saksi. "Ya, karena statusnya masih sebagai saksi," kata Dedi seperti dikutip dari Antara, Minggu (31/7/2022).

Sayangnya, Dedi enggan membeberkan lebih detail terkait dengan alasan penarikan Bharada E ke Mako Brimob. Sekalipun demikian, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E memang diketahui sebagai anggota Brimob yang diperbantukan di Divisi Propam Polri dan menjadi ajudan Irjen Ferdy Sambo.

Kabar Bharada E kembali bertugas di Mako Brimob sebetulnya muncul dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) saat akan memeriksa mantan ajudan Irjen Ferdy Sambo itu. Bharada E kembali bertugas lantaran statusnya yang masih sebagai saksi.

Ketua LPSK Hasto Atmojo mengatakan informasi status Bharada E didapatkan ketika adanya perwakilan dari Mako Brimob yang mendatangi LPSK pada Rabu (27/7/2022). Perwakilan itu datang ke LPSK untuk menyampaikan bahwa Bharada E tidak bisa hadir mengikuti asesmen saat itu.

Baca Juga: Rela Dibui Meski Sandang 3 Bintang di Bahu, Senior Irjen Ferdy Sambo Sampai Sebut Satu Kata Lihat Kondisi Bharada E, Foto Terkini Anggota Brimob Dikuliti

"Sementara yang Bharada E ini nggak datang. Yang datang malah orang dari Mako Brimob menyampaikan bahwa sekarang Bharada E sudah ditarik ke Mako Brimob karena induk kesatuannya di Mako Brimob," tambahnya.

Hasto tidak mengetahui pasti sejak kapan Bharada E kembali bertugas di Mako Brimob. Namun, dia menyampaikan Bharada E ditarik kembali ke satuannya bertugas. "Itu ditarik karena satuannya induknya di Mako Brimob," sebut Hasto.

Melihat kasus kematian Brigadir J sudah menjadi perbincangan di mana-mana, Komjen (Purn) Susno Duadji, mantan kepala Bareskrim Polri ikut memberikan ulasannya. Jenderal bintang 3 yang pernah bikin mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono turun tangan itu sentil bukti kunci bisa langsung bicara dari TKP (tempat kejadian perkara).

Pada tahun 2013, Susno Duadji bikin heboh lantaran mendapatkan perlindungan Polda Jawa Barat ketika Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan ingin mengeksekusi terpidana korupsi itu. Akibatnya, publik dibuat geger. Ketika itu, aktivis anti korupsi meminta Presiden SBY turun tangan menangani kasus Susno Duadji tersebut.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest