Follow Us

Begini Kebiasaan Ani Yudhoyono di Hari Ulang Tahun, Hati Anak SBY Remuk LIhat Foto Kebaya Sang Ibunda

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 07 Juli 2022 | 10:22
Ani Yudhoyono punya kebiasaan begini saat merayakan hari ulang tahun. Hati anak SBY remuk melihat foto kebaya sang ibunda.
Instagram

Ani Yudhoyono punya kebiasaan begini saat merayakan hari ulang tahun. Hati anak SBY remuk melihat foto kebaya sang ibunda.

Fotokita.net - Mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono telah meninggal dunia pada 1 Juni 2019. Ternyata begini kebiasaan istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di hari ulang tahun. Hati anak SBY remuk lihat foto kebaya sang ibunda.

Ani Yudhoyono sempat berjuang melawan kanker darah sejak Februari 2019. Namun, perjuangan ibu dua anak ini harus berakhir di National University Hospital Singapura. Hatta Rajasa, besan SBY, mengumumkan secara resmi Ani Yudhoyono wafat pada 1 Juni, pukul 11.50 waktu Singapura.

Ani Yudhoyono meninggal dunia dalam usia 67 tahun. Bernama lengkap Kristiani Herawati, Ani Yudhoyono lahir dari keluarga militer. Ayahnya, mantan komandan RPKAD (cikal bakal Kopassus) Sarwo Edhie Wibowo. Putri ketiga Sarwo Edhie ini lahir di Yogyakarta pada 6 Juli 1952. Ternyata begini kebiasaan Ani Yudhoyono di hari ulang tahun. Hati anak SBY remuk lihat foto kebaya sang ibunda.

Sempat kuliah di Jurusan Kedokteran Universitas Kristen Indonesia Jakarta, Ani harus merasakan putus sekolah gegara harus menemani ayahnya yang bertugas ke Korea Selatan sebagai Duta Besar RI pada 1974.

Pada saat itu, sang ayah meminta Ani bertunangan dengan seorang lulusan AKABRI yang bernama Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Sebelumnya, SBY sudah mengutarakan niatnya untuk melamar Ani. Dia menghadap Sarwo Edhie yang saat itu menjabat sebagai Gubernur AKABRI.

Permohonan lamaran lulusan terbaik AKABRI 1973 itu diterima Sarwo Edhie. Ani lalu menerima saran ayahnya untuk bertunangan dengan SBY dan kemudian menikah pada 30 Juli 1976.

Setelah dua menikah, Ani melahirkan anak lelaki pertama mereka Agus Harimurti Yudhoyono pada 10 Agustus 1978 di Bandung. Selisih dua tahun kemudian pasangan SBY - Ani Yudhoyono kembali dikaruniai putra bernama Edhie Baskoro Yudhoyono pada 24 November 1980.

Baca Juga: Tutup Usia Karena Serangan Jantung, Adik Ipar SBY Pernah Mau Lakukan Hal Ini Demi Kesembuhan Mendiang Ani Yudhoyono, Ternyata Jadi Anak Buah Prabowo Semasa Aktif

SBY yang meniti kariernya di TNI terus didampingi Ani Yudhoyono. Sampai akhirnya, SBY masuk dalam pusaran politik Indonesia pasca-Orde Baru. SBY saat itu masuk dalam kabinet Presiden Abdurrahman Wahid sebagai Menteri Pertambangan dan Energi.

Karier SBY masih berlanjut di era Presiden Megawati Soekarnoputri. Ia didapuk sebagai Menteri Koordinator Politik, Sosial dan Keamanan. Saat itulah Ani juga aktif dalam berbagai kegiatan sebagai istri seorang menteri di kabinet.

Pada 2004, SBY digadang-gadang menjadi calon presiden oleh Partai Demokrat yang baru diresmikan pada 27 Agustus 2003. SBY akhirnya terpilih sebagai Presiden RI dan Ani Yudhoyono kemudian menemani sebagai Ibu Negara.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest