Follow Us

Jawaban Hal yang Dapat Membedakan Antar Suku Bangsa Kelas 5 SD Tema 7

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 26 Februari 2022 | 23:40
Ini jawaban hal yang dapat membedakan antar suku bangsa yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 55.
Pixabay.com

Ini jawaban hal yang dapat membedakan antar suku bangsa yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 55.

Fotokita.net - Berikut jawaban hal yang dapat membedakan antar suku bangsa yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 55.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat membedakan antar suku bangsa, antara lain:

1. Adat Istiadat

Setiap suku bangsa pasti memiliki adat istiadat tertentu, meliputi upacara adat dan kebiasaan-kebiasaan lain. Kebiasaan-kebiasaan tersebut sudah dijalankan secara turun-temurun dalam suatu suku. Contohnya upacara pembakaran mayat (ngaben) di Bali.

Perbedaan adat istiadat menunjukkan perbedaan kebudayaan yang tampak dari pola perilaku atau gaya hidup. Pola perilaku orang Batak yang suka bicara terus terang sehingga terkesan tegas dan keras sangat berbeda dengan pola perilaku orang Jawa Tengah (khususnya Solo dan Yogya) yang suka berbicara hati-hati penuh dengan sindiran secara halus.

2. Bahasa Daerah

Tiap suku bangsa biasanya memiliki bahasa daerah tertentu. Sebagai contoh suku Jawa memakai bahasa Jawa dalam melakukan percakapan sehari-hari. Suku-suku bangsa lainnya pun menggunakan bahasa daerahnya masing-masing. Bahasa suku yang ada di Jawa Timur beda dengan Jawa Barat, walau mungkin serumpun namun berbeda karena suku yang juga berbeda.

Baca Juga: Jawaban Apa Hasil Sidang PPKI Pertama Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 115

3. Sistem Kekerabatan

Sistem kekerabatan merupakan sistem keturunan yang dianut oleh suku bangsa tertentu berdasarkan garis ayah, garis ibu, atau kedua-duanya.

a. Patrilineal

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest