Follow Us

Jawaban Apakah Republik Indonesia Serikat Kelas 5 SD Tema 7

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 22 Februari 2022 | 23:39
Sultan Hamid II (kanan) bersama Presiden Soekarno dalam sebuah acara menjelang Konferensi Meja Bundar 1949.
BBC

Sultan Hamid II (kanan) bersama Presiden Soekarno dalam sebuah acara menjelang Konferensi Meja Bundar 1949.

Fotokita.net - Berikut jawaban apakah Republik Indonesia Serikat yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 142.

Bersama teman-temanmu, carilah informasi mengenai permasalahan berikut. Salah satu hasil dari KMB adalah Belanda akan menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir Desember 1949.

Apakah Republik Indonesia Serikat itu (RIS)? Carilah informasi mengenai RIS. Informasi dapat kamu peroleh dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut.

Studi pustaka: mencari informasi melalui buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet.

Diskusi: dilakukan dalam diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas.

Wawancara: melakukan wawancara kepada orang yang memiliki pengetahuan seperti kepada Guru atau sejarahwan.

Setelah informasi kamu dapatkan, tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Baca Juga: Jawaban Faktor Penghambat Pembangunan Nasional Kelas 5 SD Tema 5

Republik Indonesia Serikat (RIS) adalah suatu negara federasi yang berdiri pada tanggal 27 Desember 1949 sebagai hasil kesepakatan tiga pihak dalam Konferensi Meja Bundar: Republik Indonesia, Bijeenkomst voor Federaal Overleg (BFO), dan Belanda.

Republik Indonesia Serikat memiliki konstitusi yaitu Konstitusi RIS. Piagam Konstitusi RIS ditandatangani oleh para Pimpinan Negara/Daerah dari 16 Negara/Daerah Bagian RIS, yaitu

1. Mr. Susanto Tirtoprodjo dari Negara Republik Indonesia menurut perjanjian Renville.2. Sultan Hamid II dari Daerah Istimewa Kalimantan Barat3. Ide Anak Agoeng Gde Agoeng dari Negara Indonesia Timur4. R. A. A. Tjakraningrat dari Negara Madura5. Mohammad Hanafiah dari Daerah Banjar6. Mohammad Jusuf Rasidi dari Bangka7. K.A. Mohammad Jusuf dari Belitung8. Muhran bin Haji Ali dari Dayak Besar9. Dr. R.V. Sudjito dari Jawa Tengah10. Raden Soedarmo dari Negara Jawa Timur11. Jamani dari Kalimantan Tenggara12. A.P. Sosronegoro dari Kalimantan Timur13. Mr. Djoemhana Wiriatmadja dari Negara Pasundan14. Radja Mohammad dari Riau15. Abdul Malik dari Negara Sumatera Selatan16. Radja Kaliamsyah Sinaga dari Negara Sumatera Timur

Negara Republik Indonesia Serikat dibubarkan pada 17 Agustus 1950 saat Mr. Assaat melepaskan jabatan kepada Soekarno dan berdiri Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Jawaban Mengapa Soekarno Sang Proklamator Dijuluki Seperti Itu

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest