Follow Us

Foto Makam Dorce Gamalama Jadi Sorotan, Pengacara Singgung Bagi-bagi Warisan: Banyak Sekali Masalahnya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 21 Februari 2022 | 11:38
Bagi-bagi harta warisan Dorce Gamalama ramai dibahas. Sang artis telah menuliskan wasiat terkait harta yang dia tinggalkan.
Instagram

Bagi-bagi harta warisan Dorce Gamalama ramai dibahas. Sang artis telah menuliskan wasiat terkait harta yang dia tinggalkan.

Fotokita.net - Artis transpuan Dorce Gamalama telah dimakamkan di TPU Bantar Jati, Cipayung, Jakarta Timur. Foto makam Dorce menjadi sorotan. Sang pengacara telah menyinggung perihal bagi-bagi warisan Dorce, "banyak sekali masalah yang dia ceritakan."

Dorce dimakamkan secara laki-laki dan tumpang tindih dengan makam sepupunya. Selain itu, ia juga dimakamkan dengan standar protokol Covid-19.

Dorce Gamalama yang dikabarkan positif terpapar Covid-19 meninggal dunia usai dirawat intensif selama beberapa hari di rumah sakit. Dia menderita diabetes dan sempat tak sadarkan diri.

Selain diabetes, Dorce Gamalama juga mengidap sakit batu ginjal pada 2019. Menurut keponakan Dorce yang bernama Mimi, Dorce Gamalama sudah sering bolak-balik rumah sakit sejak pertengahan 2020 hingga puasa 2021.

Foto makam Dorce Gamalama menjadi sorotan netizen di jagat maya. Sebab, pada nisan tertulis nama asli Dorce, bukan nama populer yang sudah membesarkan artis multitalenta itu. Sejak dimamakamkan Rabu (16/2/2022), keluarga memutuskan papan nisan Dorce Gamalama tertulis nama aslinya, Dedi Yuliardi Ashadi.

Adapun alasan keluarga menuliskan nama asli Dorce, karena menurut mereka, Dorce dimakamkan sesuai dengan syariat Islam dan harus tetap sesuai dengan kodratnya "Itu karena diperintahkan oleh agama kita di mana dia lahir laki-laki. Jenis kelamin apa pun, itulah," ujar Ira, sahabat Dorce kepada awak media.

"Sampai dia meninggal, itulah nama dia, itulah yang akan dipanggil dengan nama itu, bukan dengan nama Dorce Gamalama. Itu kan cuma nama publik dia aja sebagai publik figur," sambungnya saat temui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (18/2/2022).

Baca Juga: Foto Nisan Dorce Gamalama dengan Nama Ayahnya Tersebar, Ini Alasan Almarhum Ingin Kenali Sosok Orangtuanya

"Dia pakai nama itu. Kalau nama dia sendiri kan udah kalian baca di nisan bahwa namanya dia Dedi Yuliardi bin Ahmad. Namanya alias Dorce Gamalama," imbuhnya.

Selain itu, keluarga menuliskan nama asli Dorce agar orang yang hendak berziarah, datang ke makam yang benar. "Kita nulisnya itu nama dia Bin Ahmad, di bawahnya ada Dorcenya," ucap Ira.

"Karena apabila teman-teman yang mau berziarah, takut yang pakai nama asli itu, jadi kita tulis Dorce. Jadi yang berziarah itu dia tahu, dia nggak salah kuburan," imbuhnya.

Sementara itu, sebelum meninggal, Dorce Gamalama sudah tahu soal polemik namanya itu. Namun keluarga memutuskan untuk menuliskan sesuai syariat agama Islam.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest