Follow Us

Foto Dokter yang Operasi Ganti Kelamin Dorce Gamalama Beredar, Bongkar Rahasia Pribadi Artis Transgender

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 16 Februari 2022 | 11:21
Prof Djohansjah Marzoeki dokter yang mengoperasi kelamin Dorce Gamalama membongkar rahasia pribadi sang artis transgender.
Facebook

Prof Djohansjah Marzoeki dokter yang mengoperasi kelamin Dorce Gamalama membongkar rahasia pribadi sang artis transgender.

Fotokita.net - Artis transgender serba bisa, Dorce Gamalama, meninggal dunia di usia 58 tahun pada Rabu (16/2/2022). Dorce yang sudah menjalani operasi ganti kelamin berwasiat agar dia dimakamkan sebagai perempuan. Foto dokter yang mengoperasi kelamin Dorce tersebar di media sosial. Dia membongkar rahasia pribadi sang artis.

Menurut informasi kerabat Dorce, Hetty Soendjaya, sang artis meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19 sehingga akan dimakamkan sesuai dengan protokol Covid-19. "Jadi meninggalnya karena Covid. Jadi enggak dibawa pulang, jadi dikemasnya di rumah sakit," ungkap Hetty Soendjaya.

Sebelum meninggal dunia, Dorce pernah menyampaikan wasiat agar diperlakukan sebagai perempuan ketika dia meninggal dunia sehingga memicu polemik.

Dalam sebuah perbincangan yang tayang di akun Youtube Denny Sumargo, Dorce mengaku dirinya sudah berkelamin perempuan.

Apabila ditelusuri melalui Direktori Putusan Mahkamah Agung, identitas gender Dorce juga telah diakui secara sah oleh pengadilan.

Pada tahun 1980, Pengadilan Negeri Surabaya mengabulkan permohonan pergantian jenis kelamin Dedi Yuliardi Ashadi menjadi Dorce Ashadi atau yang lebih dikenal sebagai Dorce Gamalama.

Namun pernyataan Dorce itu mengundang komentar dari sejumlah tokoh agama. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammad Cholil Nafis, melalui akun Twitter-nya, mengatakan bahwa jenazah seorang transgender "diurus sebagaimana jenis kelamin awal dan asalnya".

Baca Juga: Umbar Senyum Saat Foto Bareng, Dorce Gamalama Ungkap Permintaan Terakhirnya, Denny Sumargo Sampai Merinding

Pandangan berbeda datang dari Rektor Institut Studi Islam Fahmina, lembaga pendidikan Islam yang berfokus pada kajian gender dan hak asasi manusia, Dr KH Marzuki Wahid.

Dia mengatakan bahwa keputusan pengadilan terkait identitas gender seseorang bisa menjadi acuan yang sahih untuk menentukan hukum Islam yang berlaku pada mereka.

Di sisi lain, salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Taufik Damas, berpendapat bahwa keputusan Dorce itu adalah keputusan pribadinya yang tidak perlu diganggu gugat karena "akan dipertanggung jawabkan olehnya sendiri di hadapan Tuhan.

Editor : Fotokita

Latest