Follow Us

Jawaban Apakah Republik Indonesia Serikat Itu Kelas 5 SD Tema 7

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 28 Januari 2022 | 00:00
Ini jawaban apakah Republik Indonesia Serikat itu (RIS) yang menjadi soal buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 142.
Unsplash

Ini jawaban apakah Republik Indonesia Serikat itu (RIS) yang menjadi soal buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 142.

Fotokita.net - Berikut jawaban apakah Republik Indonesia Serikat itu (RIS) yang menjadi soal buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 142.

Bersama teman-temanmu, carilah informasi mengenai permasalahan berikut. Salah satu hasil dari KMB adalah Belanda akan menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir Desember 1949.

Apakah Republik Indonesia Serikat itu (RIS)? Carilah informasi mengenai RIS. Informasi dapat kamu peroleh dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut.

Studi pustaka: mencari informasi melalui buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet.

Diskusi: dilakukan dalam diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas.

Wawancara: melakukan wawancara kepada orang yang memiliki pengetahuan seperti kepada Guru atau sejarahwan.

Setelah informasi kamu dapatkan, tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Baca Juga: Jawaban Sebutkan Usaha-usaha yang Dilakukan Pemimpin Bangsa dalam Membina Persatuan

Republik Indonesia Serikat (RIS) adalah suatu negara federasi yang berdiri pada tanggal 27 Desember 1949 sebagai hasil kesepakatan tiga pihak dalam Konferensi Meja Bundar: Republik Indonesia, Bijeenkomst voor Federaal Overleg (BFO), dan Belanda.

Republik Indonesia Serikat memiliki konstitusi yaitu Konstitusi RIS. Piagam Konstitusi RIS ditandatangani oleh para Pimpinan Negara/Daerah dari 16 Negara/Daerah Bagian RIS, yaitu

Mr. Susanto Tirtoprodjo dari Negara Republik Indonesia menurut perjanjian Renville.Sultan Hamid II dari Daerah Istimewa Kalimantan BaratIde Anak Agoeng Gde Agoeng dari Negara Indonesia TimurR. A. A. Tjakraningrat dari Negara MaduraMohammad Hanafiah dari Daerah BanjarMohammad Jusuf Rasidi dari BangkaK.A. Mohammad Jusuf dari BelitungMuhran bin Haji Ali dari Dayak BesarDr. R.V. Sudjito dari Jawa TengahRaden Soedarmo dari Negara Jawa TimurJamani dari Kalimantan TenggaraA.P. Sosronegoro dari Kalimantan TimurMr. Djoemhana Wiriatmadja dari Negara PasundanRadja Mohammad dari RiauAbdul Malik dari Negara Sumatera Selatan Radja Kaliamsyah Sinaga dari Negara Sumatera Timur

Negara Republik Indonesia Serikat dibubarkan pada 17 Agustus 1950 saat Mr. Assaat melepaskan jabatan kepada Soekarno dan berdiri Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Jawaban Apa Isi Kedua Iklan Pada Gambar Di Atas Kelas 5 SD Tema 9

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest