Follow Us

Keburu Diganti Kapolri, Foto Kapolda NTT Temui Keluarga Korban Pembunuhan di Kupang Ramai Dibahas, Hotman Paris Turun Tangan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 19 Desember 2021 | 11:21
Saat menjabat sebagai Kapolda NTT, Lotharia Latif sempat menjumpai keluarga korban pembunuhan ibu dan anak itu di rumah duka Wali Kota Kupang.
Facebook

Saat menjabat sebagai Kapolda NTT, Lotharia Latif sempat menjumpai keluarga korban pembunuhan ibu dan anak itu di rumah duka Wali Kota Kupang.

Fotokita.net - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengganti Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Lotharia Latif. Keputusan ini muncul di tengah viralnya kasus pembunuhan ibu dan anak di Kota Kupang. Bahkan, foto Kapolda NTT menemui keluarga korban masih ramai dibahas netizen di media sosial. Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea sampai ikut turun tangan.

Pergantian Kapolda NTT yang semula dijabat Irjen Lotharia Latif termasuk dalam mutasi Kapolri terhadap 6 jenderal bintang dua yang memimpin kepolisian daerah lainnya. Kapolda Bengkulu, Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Barat (Kalbar) dan Riau masuk dalam daftar pergantian yang tertuang dalam surat telegram bernomor ST/2568/XII/KEP.2021 diteken Asisten SDM Kapolri, Irjen Wahyu Widada.

Adanya surat telegram yang berisi mutasi Kapolda NTT sudah mendapatkan konfirmasi dari Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo. "Ya, benar," kata Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi soal surat telegram ini, Sabtu (181/2021).

Irjen Lotharia Latif dimutasi dari jabatan Kapolda NTT menjadi Kapolda Maluku. Dia menggantikan Irjen Refdi Andri dimutasi dalam rangka pensiun dari jabatan Kapolda Maluku, menjadi perwira tinggi staf ahli Kapolri.

Jabatan Kapolda NTT diberikan kepada Brigjen Setyo Budiyanto. Sebelumnya, Setyo Budiyanto menjabat Direktur Penyidikan KPK sejak 18 September 2020. Setyo Budiyanto diketahui sempat menjabat Koordinator Supervisi Penindak (Korsupdak) di Deputi Penindakan KPK.

Baca Juga: Foto Korban Gempa NTT Tanpa Konfirmasi Bermunculan, Tokoh Agama Ingatkan Bencana yang Lebih Dahsyat dari Tsunami

Pergantian Kapolda NTT dari Irjen Lotharia Latif ke Brigjen Setyo Budiyanto tentu menjadi perbincangan hangat netizen. Maklum, Lotharia Latif telah berjanji untuk mengungkap kasus pembunuhan ibu dan anak di Kupang.

Kasus pembunuhan terhadap ibu dan anak Astri Manafe (30) dan Lael Maccabee (usia hampir setahun) kini jadi pembahasan internasonal. Bahkan, pengacara kondang Hotman Paris sampai ikut turun tangan.

Saat menjabat sebagai Kapolda NTT, Lotharia Latif sempat menjumpai keluarga korban pembunuhan ibu dan anak itu di rumah duka Wali Kota Kupang pada Jumat (10/11/2021). Foto Kapolda NTT menemui keluarga korban juga sudah disebarkan di media sosial. Dari informasi yang beredar, pertemuan Kapolda NTT dengan keluarga korban juga dihadiri oleh penasehat hukum dari LBH Surya NTT.

Sampai Lotharia Latif diganti dari jabatannya sebagai Kapolda NTT, netizen masih terus membincangkan kasus kematian Astri dan Lael ini. Mereka juga terkejut atas keputusan Kapolri yang menggeser posisi Lotharia Latif. Bagi mereka, ada pekerjaan yang belum selesai dikerjakan Kapolda NTT. Kasus pembunuhan ibu dan anak di Kupang harus terungkap.

Dalam pertemuan itu, Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif meminta keluarga korban pembunuhan ibu dan anak di Kupang, Astri Manafe dan Lael Maccabee melaporkan kepada penyidik jika memperoleh informasi baru mengenai kasus pembunuhan tersebut.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest