Follow Us

Foto Joseph Suryadi Tersangka Penodaan Agama Terlanjur Dihujat, Ternyata Pelaku Nekat Sebar Chat Hina Nabi Gegara Masalah Sepele Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 18 Desember 2021 | 10:36
Joseph Suryadi tersangka penodaan agama nekat menyebar chat hina Nabi Muhammad SAW gegara masalah sepele ini di grup WhatsApp.
Facebook

Joseph Suryadi tersangka penodaan agama nekat menyebar chat hina Nabi Muhammad SAW gegara masalah sepele ini di grup WhatsApp.

Fotokita.net - Foto Joseph Suryadi yang kini menjadi tersangka penodaan agama terlanjur dihujat netizen di media sosial. Kasus ini muncul setelah pelaku nekat menyebarkan chat yang berisi penghinaan kepada Nabi Muhammad SAW di grup WhatsApp. Ternyata, Joseph Suryadi nekat melakukan aksinya gegara masalah sepele ini.

Joseph Suryadi sudah membuat geram netizen lantaran chat yang berisi peghinaan Nabi itu tersebar luas di media sosial. Bahkan, aksinya memunculkan tagar #TangkapJosephSuryadi.

Awalnya, Joseph Suryadi sempat mengaku ponselnya telah hilang dan lapor ke polisi. Namun, belakangan terungkap Joseph Suryadi telah berohong dan menyembunyikan HP-nya di gudang.

Joseph Suryadi kemudian ditetapkan sebagai tersangka atas penghinaan Nabi itu. Joseph Suryadi ditetapkan sebagai tersangka penodaan agama.

"Siang ini penyidik Krimsus telah menetapkan tersangka (kepada) yang melakukan postingan tersebut, atas nama Joseph Suryadi, umur 39 tahun," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Baca Juga: Motif Joseph Suryadi Sebar Chat Hina Nabi Terkuak, Dulu Pamer Kiriman dari Ahok, Foto Ini Jadi Buktinya

Akibat perbuatannya itu, Joseph Suryadi dijerat Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 dan/atau Pasal 28 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 2 UU ITE dan/atau Pasal 156 KUHP dan Pasal 156 A KUHP. Dia terancam hukuman 6 tahun penjara.

Kasus Joseph Suryadi yang menyebarkan konten menghina Nabi mengemuka setelah tangkapan layar berupa chat di grup WhatsApp tersebar di media sosial. Chat tersebut berupa karikatur dengan tulisan menghina Nabi Muhammad SAW.

Tagar #TangkapJosephSuryadi trending di Twitter. Para pengguna Twitter ramai-ramai melaporkan pria bernama Joseph Suryadi dengan me-mention akun @DivHumas_Polri.

Sebuah foto pria yang disebut-sebut adalah Joseph Suryadi turut disertakan di postingan para pengguna Twitter tersebut. Joseph Suryadi dituding telah menistakan agama dan melecehkan Nabi Muhammad SAW.

"Met pagi @DivHumas_Polri. Bantu tangkap penghina agama. Ini alamatnya min: Tanjung Duren Utara x/x no.xxx. Terimakasih atas perhatiannya," cuitan akun @Na***Ang**. Akun tersebut memposting dua foto. Yang pertama adalah tangkapan percakapan WhatsApp dari sebuah nomor yang mengirimkan karikatur ke sebuah grup.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest