Follow Us

Jawaban Jenis-jenis Tumbuhan yang Berkembang Secara Generatif

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 23 November 2021 | 23:37
Tanaman Jagung. Ini jawaban contoh tumbuhan yang berkembang biak secara generatif yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD tema 1.
Lutfi Fauziah

Tanaman Jagung. Ini jawaban contoh tumbuhan yang berkembang biak secara generatif yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD tema 1.

Fotokita.net - Berikut jawaban jenis-jenis tumbuhan yang berkembang biak secara generatif yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD tema 1.

Perhatikan lingkungan rumahmu. Adakah tanaman yang berkembang biak secara generatif? Diskusikan dengan orang tuamu dan sampaikan hasilnya kepada guru dan temanmu.

Tumbuhan dalam perkembangbiakannya umumnya terbagi menjadi dua, salah satunya adalah berkembang biak secara generatif atau kawin.

Perkembangbiakan generatif adalah mempertemukan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina. Selanjutnya, akan terjadi penyerbukan, yaitu serbuk sari yang ada di bunga akan jatuh di bagian putik bunga.

Ada banyak sekali tumbuhan yang ada di lingkungan kita melakukan perkembangbiakan secara generatif.

Baca Juga: Jawaban Contoh Tumbuhan yang Berkembang Biak Secara Generatif

Tumbuhan Yang Berkembangbiak Secara Generatif

Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif memiliki organ perkembangbiakan dalam bentuk bunga, yang didalamnya terdapat alat-alat kelamin jantan yang disebut anther yang menghasilkan serbuk sari sebagai sel kelamin jantan dan putik sebagai organ kelamin betina yang menghasilkan sel telur.

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.

Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina atau sel telur. Hasil dari pembuhan adalah zigot. Zigot kemudian berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah berkembang menjadi daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.

Baca Juga: Jawaban Isilah Diagram Berdasarkan Informasi dan Ide Pokok dalam Bacaan Tumbuhan Sumber Kehidupan

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest