Follow Us

Jawaban Apa Fungsi SUTET Pada Sistem Transmisi Energi Listrik

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 30 September 2021 | 23:39
Ini jawaban apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik yang menjadi salah satu soal dalam buku tematik kelas 6 SD Tema 4.
Kompas.com

Ini jawaban apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik yang menjadi salah satu soal dalam buku tematik kelas 6 SD Tema 4.

Fotokita.net - Berikut jawaban apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik yang menjadi salah satu soal dalam buku tematik kelas 6 SD Tema 4.

Pertanyaan di atas adalah salah satu soal Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Kelas 6 SD, Tema 4 halaman 25 - 26

Halaman 25 sampai 26 tersebut berada pada Pembelajaran 1, Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku, Tema 4: Globalisasi.

Ayo Menulis

Kamu telah memahami proses menyalurkan energi listrik dengan sistem transmisinya.Komponen utama pada proses penyaluran energi listrik adalah sistem transmisi, sistem distribusi, serta transformator penaik dan penurun tegangan.

Siapakah penemu sistem transmisi tersebut? Baca informasi singkat berikut untuk menambah wawasan ilmu pengetahuanmu.

Baca Juga: Jawaban Tuliskan Informasi Penting dalam Setiap Paragraf dari Teks Tersebut Pada Diagram Berikut

Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan fisika. Ia pernah bekerja sama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah menulis tentang proses dihasilkannya energi listrik pada pembangkit listrik sederhana mikrohidro. Sekarang, coba tuliskan dengan runtut kelanjutan dari tulisanmu, yaitu tentang proses menyalurkan energi listrik yang telah dihasilkan oleh pembangkit listrik mikrohidro tersebut. Kamu dapat menambahkan gambar untuk memperjelas tulisanmu.

Isi tulisanmu adalah tentang proses menyalurkan energi listrik dari pembangkit mikrohidro hingga sampai ke rumah-rumah warga di lingkungan tempat tinggalmu. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisanmu.

Pada PLTA, air sungai/waduk masuk melalui pintu yang diatur katup pengaman menuju tangki pengaman tekanan. Lalu air tersebut dialirkan dari pipa pesat menuju ke turbin melalui katup pengatur tekanan agar tekanan air lebih besar. Turbin akan bergerak karena tekanan air sehingga generator menghasilkan listrik.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest