Follow Us

Jawaban Bagaimana Proses Perjalanan Arus Listrik dari Pusat Pembangkit Hingga Sampai di Rumah Penduduk

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 04 September 2021 | 23:58
Ini jawaban bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk?
Pxhere

Ini jawaban bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk?

Fotokita.net - Berikut jawaban bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan! Soal ini terdapat dalam buku tematik kelas 6 SD Tema 3.

Pertanyaan di atas adalah soal halaman 3, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 kelas 6 SD Tema 3.

Halaman 3 tersebut terdapat pada Pembelajaran 1, Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia, Tema 3 Tokoh dan Penemuan.

Berikut kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 halaman 3. Sebelum menjawab soalbagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan! kita terlebih dahulu diminta membawa teks bacaan dengan judul Listrik, Pengubah Wajah Dunia.

Paragraf 2:

1. Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara.

Baca Juga: Jawaban Apa yang Terjadi dengan Arus Listrik Saat Tiba di Rumah Warga

2. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!

Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Tahukah kamu? Bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu?

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest