Follow Us

Jawaban Apakah Mereka Telah Mendapatkan Haknya Soal Kelas 6 SD Tema 3

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 03 September 2021 | 23:53
 Charles Goodyear, penermu ban. Ini jawaban apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan! Soal buku tematik kelas 6 SD Tema 3.
Istimewa

Charles Goodyear, penermu ban. Ini jawaban apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan! Soal buku tematik kelas 6 SD Tema 3.

Fotokita.net - Berikut jawaban apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan! Soal ini menjadi pertanyaan dalam buku tematik kelas 6 SD Tema 3.

Pertenyaan di atas dapat dijumpai dalam halaman 56, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Halaman 56 tersebut terdapat pada Pembelajaran 6, Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia, Tema 3 Tokoh dan Penemuan.

Sebelum menjawab soal apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan! kita terlebih dulu diberikan bacaan teks.

Baca teks berikut dalam hati!

Roda, Pengubah Wajah Dunia

Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Jawaban Apa Manfaatnya Ketika Kita Menggunakan Hak Kita dengan Tanggung Jawab

Awalnya roda dibuat oleh ahli menggunakan mesin pemintal. Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM. Kemudian muncul juga di Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian juga diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.

Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.

Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar tempat di berbagai belahan dunia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah. Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit. 1.Sebutkan beberapa macam hak yang dimiliki oleh para penemu tersebut!

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest